Indonesia Cari Peruntungan Ekspor di Selandia Baru

Indonesia Cari Peruntungan Ekspor di Selandia Baru
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menerima kunjungan Wakil Perdana Menteri Selandia Baru Winston Peters di Jakarta, 4 Oktober 2018 - dok.Industry.co.id

Jakarta, Motoris – Kementerian Industri (Kemenperin) membidik Selandia Baru sebagai pasar ekspor mobil utuh. Langkah ini sesuai implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0, yang memplot otomotif sebagai salah satu sektor percontohan.

“Selama ini, Indonesia sudah mengekspor produk otomotif ke Asean, Timur Tengah hingga Amerika Latin. Kami melihat, pasar otomotif di Australia dan Selandia Baru sangat bagus. Apalagi, lokasinya lebih dekat,” ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartato usai bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Selandia Baru Winston Peters di Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Dia menambahkan, mobil yang di ekspor ke Selandia Baru kemungkinan bermesin pembakaran dalam. Sebab, produksi mobil listrik di Indonesia belum ada.Kemenperin juga akan mendorong negara itu agar bisa membuka pasar untuk otomotif dan komponen dari Indonesia.

Sebagai kompensasi, demikian Menperin, Selandia baru bisa mengembangkan industri pengolahan susu di Indonesia. Cara ini bakal meningkatkan perdagangan kedua negara. .Kemenperin memproyeksikan ekspor mobil utuh tahun ini mencapai 250 ribu unit, naik dari 2017 sebanyak 231 ribu unit. Sejumlah perusahaan otomotif di dalam negeri komit menambah investasi, tenaga kerja, dan ekspor.

Baca juga: Kikis Cap Tukang Impor, Bulan Ini Suzuki Pacu Ekspor

Ilustrasi, Presiden Jokowi hadir di perayaan ekspor Toyota yang ke-1 juta unit – dok.Setkab.go.id

Indonesia dan Selandia Baru berkomitmen meningkatkan nilai perdagangan bilateral hingga dua kali lipat lebih dalam empat tahun ke depan yang salah satunya melalui kerja sama di sektor industri. Pada 2017, nilai perdagangan kedua negara mencapai NZ$ 1,76 miliar (sekitar Rp17,6 triliun) dan ditargetkan bakal menjadi NZ $ 4 miliar (Rp 40 triliun). (gbr)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia dan TWITTER @MotorisID, buat update grafis otomotif terkini lainnya. “Jagoan-jagoan Modifikasi IMX 2018, Kualitasnya Mengejutkan.”

CATEGORIES
TAGS
Share This