Baru Setengah dari Total Tipe Mobil yang Lakukan Uji Euro 4

Baru Setengah dari Total Tipe Mobil yang Lakukan Uji Euro 4
Ilustrasi Euro4 - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Meski aturan standar Euro 4 sudah efektif berlaku di Indonesia, namun jumlah tipe kendaraan yang telah melakukan uji tipe sesuai dengan standar itu baru sekitar 210 kendaraan. Jumlah ini, baru setengah dari tipe mobil yang dipasarkan di Indonesia oleh anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

“Jumlah yang sudah uji tipe sampai dengan pekan lalu, baru sebanyak 210-an unit. Ini baru setengahnya dari tipe yang ada di daftar Gaikindo. Jumlah tipe kendaraan saat ini kan disebut ada sekitar 420-an,” tutur Kepala Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan (BPLSK) Bermotor Kemenhub, Caroline Noorida Aryani, saat dikonfirmasi, Rabu (10/10/2018).

Tipe kendaraan yang sudah menjalani pengujian standar Euro 4 itu, lanjut Caroline, adalah tipe mobil yang selama ini telah dipasarkan, namun sebelunya berstandar Euro 2. Sebagian lagi, merupakan tipe kendaraan baru yang disebut pabrikan telah berstandar Euro 4.

Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto mengatakan, kalangan industri atau Agen Pemegang Merek (APM) tentu akan memproritaskan kendaraan model baru yang tengah maupun yang akan dipasarkannya untuk menjalani uji itu.

Ilustrasi, mobil baru di pameran IIMS – dok.Indonesiamotorshow.com

“Kalau yang sudah dipasarkan dan akan dihentikan penjualannya tentu kan tidak diujikan. Tetap komitmennya adalah, mengikuti aturan. Karena ini kan untuk kepentingan masyarakat, lingkungan, bahkan industri sendiri. APM akan terus mengujikan mobil yang mereka pasarkan,” ungkapnya saat dikonfirmasi.

Bahkan, dia menyebut penerapan standar baru itu memiliki dampak postif yakni kendaraan yang diproduksi di Indonesia akan bisa menembus banyak negara yang merupakan pasar ekspor. Sehingga, ujung-ujungnya volume industri di Tanah Air juga berkembang. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This