Nusantara Tak Berminat Buka Diler Merek Cina

Nusantara Tak Berminat Buka Diler Merek Cina
Ilustrasi, booth Wuling Motors IIMS 2018 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Nusantara Group terus berusaha melebarkan sayap bisnis otomotif dengan menambah diler baru dari merek terkenal, Honda. Setelah memiliki empat diler Honda,  grup usaha ini  akan terus menambah hingga menjadi 10 diler dengan jaringan yang terus diperluas.

Namun, Nusantara mengaku tak akan memilih sembarang merek untuk menjadi mitra dilernya. Presiden Direktur Nusantara Group Joe Fery menjelaskan, saat ini pihaknya lebih selektif dalam mencari merek. Dia tidak ingin pengalaman buruk sebelumnya – yakni menjadi diler Ford Motor – terjadi lagi di masa yang akan datang.

Sedangkan untuk merek asal Cina, Joe mengaku sampai saat ini tak mengikuti perkemban merek-merek tersebut. Walhasil, sampai saat ini tidak ada minat untuk menjadi mitra sebagai diler dari merek asal Negeri Tirai Bambu itu.

“Saya tidak mengikuti (perkembangan) merek Cina (di Indonesia). Untuk buka diler? Bisa tanya yang lain saja? tidak selain itu,” tutur Joe di Bekasi, Jawa Barat, belum lama ini.

Ilustrasi, DFSK Glory 580 di GIIAS 2018 – dok.Motoris

Saat ini telah ada beberapa merek otomotif asal Cina yang sudah beroperasi di Indonesia. Diantara mereka yang terus melebarkan sayap operasional dengan membangun diler adalah Wuling Motors dan Dongfeng Sokonindo (DFSK).

Wuling Motors telah menjajakan Low MPV dan medium MPV. Sedangkan DFSK menawarkan pikap di kelas komersial dan SUV medium di segmen kendaraan penumpang. Daya tarik merek Cina ini adalah menawarkan produk dengan harga lebih murah jika dibandingkan dengan merek asal Jepang.

Sedangkan satu merek lainnya, yakni Foton, yang mati suri sejak tahun 2013, kini kembali berusaha bangkit untuk menggarap pasar otomotif Indonesia khususnya segmen kendaraan komersial. Melalui PT Foton Pemasaran & Penjualan Indonesia (FPPI), Foton bahkan berniat membangun pabrik perakitan di Tanah Air pada 2-3 tahun mendatang.

Logo Foton – dok.CarGuide

“Saat ini kami tengah mencari partner (mitra) untuk menjadi diler di Indonesia,” tutur Business Development Manager FPPI, Johans Kamajaya, saat dikonfirmasi Motoris, di Jakarta, Senin (17/9/2018). (Kpr)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This