Karimun Wagon R Genjot Peruntungan di Luar Negeri

Karimun Wagon R Genjot Peruntungan di Luar Negeri
Suzuki Karimun Wagon R GS - dok.promosuzukibandung.com

Jakarta, Motoris – Penjualan city car sekaligus Low Cost Green Car (LCGC) Suzuki Karimun Wagon R di pasar domestik Indonesia memang muram, namun tak demikian dengan ekspor. Memanfaatkan perjanjian perdagangan bebas (FTA) antara Indonesia dengan Pakistan yang baru, Suzuki akan menggenjot ekspor mobil ini.

“Iya. Seperti dikatakan Pak Menteri Airlangga (Menperin Airlangga Hartarto) tadi, bahwa sebentar lagi FTA Indonesia-Pakistan yang baru akan diberlakukan, kami juga akan memanfaatkan peluang ini. Suzuki Karimun Wagon R yang selama ini juga diekspor, akan kami tingkatkan ekspornya ke sana (Pakistan),” papar Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Seiji Itayama, saat ditemui usai peresmian ekspor perdana Suzuki All New Ertiga, di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/10/2018) lalu.

Di tempat yang sama, Department Head of Export Suzuki Indomobil Motor (SIM) Hady Surjono Halim menyebutkan, kinerja penjualan Karimun Wagon R cukup cemerlang di luar negeri. “Tahun 2016 lalu saja, ekspor mencapai 13.000 unit lebih, dalam bentuk CKD (terurai). Tahun 2017, meningkat sekitar 14.000-an unit lebih,” ucap Hady saat ditemui di tempat yang sama.

Presiden Komisaris Indomobil Group, Subronto Laras yang juga hadir di acara itu mengakui investasi pengembangan Karimun di Indonesia menelan investasi yang cukup besar, yakni sekitar Rp 5,1 triliun. Meski penjualannya loyo di dalam negeri dalam beberapa waktu terakhir ini, namun ekspornya masih cukup mengesankan.

Baca juga: Xpander Masih Sakti, Xenia Malah Enggak Bunyi

Suzuki Karimun Wagon R – dok.Otosia.com

“Ya memang, kita harus terus mencari peluang. Ekspor Karimun ke Pakistan cukup bagus. Di sana mendapatkan sambutan yang positif dari konsumen. Kita manfaatkan skema perdagangan luar negeri. Kita punya Free Trade Agreement dengan Jepang melalui IJEPA, kita punya Free Trade Agreement dengan Cina, dengan Pakistan. Semuanya itu peluang,” kata Subronto.

Adapun data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gakindo) menunjukan, sepanjang tujuh bulan pertama tahun ini atau dari januari-Juli, Suzuki Karimun Wagon R hanya terjual 2.849 unit saja.

Dengan perolehan angka sebanyak itu, dia berada di urutan bontot dari sejumlah LCGC yang ada. Di pasar ini ada Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio, Datsun GO, serta Suzuki Karimun Wagon R.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang meresmikan ekspor perdana All New Ertiga mengatakan, pemerintah telah membuka jalan bagi ndustri nasional untuk menggenjot ekspor ke Pakistan melalui Free Trade Agreement (FTA).

“Sebentar lagi kita akan genjot ekspor ke sana. Dan kita harapkan Suzuki juga ikut memnggenjot ekspor ke sana (Pakistan),” ujar Menperin. (Ara)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, TWITTER @MotorisID, dan FB @MotorisIndonesia, buat berita dan grafis otomotif terkini lainnya. “Resmi Kapalkan All New Ertiga, Suzuki Tancap Gas Ekspor.”

CATEGORIES
TAGS
Share This