Kunjungi IMOS 2018, Jokowi Singgung Soal Ekspor Motor

Kunjungi IMOS 2018, Jokowi Singgung Soal Ekspor Motor
Suasana IMOS 2018 di hari pertama atau pressday, 31 Oktober 2018 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sabtu (3/11/2018) berkunjung ke hajatan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 yang tengah berlangsung di Jakarta Convention Center, Jakarta. Dia mengapresiasi kinerja industri sepeda motor nasional yang mengekspor hampir 10% dari total produksinya.

Jokowi yang didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, itu berkeliling booth di IMOS 2018 selama kurang lebih 45 menit. Dia menyambangi booth Suzuki, Kawasaki, Royal Enfield, Honda, dan Yamaha.

“Yang pertama, saya ingin melihat kemajuan di bidang industri sepeda motor. Sekarang produksi nasional kita sudah 6.500.000 sepeda motor. Hampir 600.000 itu ekspor. Ini yang bagus. Selalu saya tanyakan yang ekspor mana. Saya kira ini sesuatu yang sangat bagus sekali bisa ekspor sebanyak itu,” tutur Jokowi, seperti dilansir keterangan resmi keterangan resmi, Sabtu (3/11/2018) malam.

Konsep skutik listrik Honda PCX juga ditanyakan Presiden Jokowi saat berkunjung ke booth Honda di IMOS 2018 – dok.AHM

Kepala Negara juga mengapresiasi besarnya komponen lokal yang digunakan di industri sepeda motor Indonesia. Kandungan lokal tersebut rata-rata sudah di atas 90% atau bahkan 95-97%.

“Saya rasa sesuatu yang sangat bagus sekali. Tinggal bagaimana bisa masuk ke pasar-pasar baru, pasar-pasar yang sesuai dengan harga, sesuai dengan kualitas. Hampir 45 negara yang sudah dimasuki sepeda motor kita,” kata dia.

Saat berada di booth Honda, Jokowi menyaksikan dan mengamati salah satu motor skutik Honda Vario 150 dan motor konsep Honda PCX Electric. Seperti dilansir siaran pers PT Astra Honda Motor (AHM), Sabtu (3/11/2018) malam, Jokowi berbincang serius dengan Wakil Presiden Direktur PT AHM, Johannes Loman.

Begitu pun saat melihat Honda PCX Electric, Jokowi yang dimapingi Moeldoko dan Pramono Anung itu langsung bertanya seputar teknologi Honda PCX Electric dan rencana pemasarannya. Sedangkan Loman didampingi Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya, menjelaskan panjang lebar tentang skutik listrik yang masih berwujud konsep itu. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This