Era Motor Listrik Dimulai, Jokowi Pastikan Gesits Diproduksi 2019

Era Motor Listrik Dimulai, Jokowi Pastikan Gesits Diproduksi 2019
Presiden Joko Widodo meminta penjelasan soal skuter listrik Gesits kepada perwakilan manajemen PT Garansindo dan pimpinan ITS di Kompleks Isana Kepresidenan, Jakarta, 7 November 2018 - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Era kendaraan ramah lingkungan , khususnya sepeda motor listrik , di Indonesia seger terwujud. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memastikan dukungan pemerintah terhadap rencana produksi sepeda motor tanpa emisi itu di awal tahun 2019 nanti.

Pernyataan itu ditegaskan Jokowi setelah menerima manajemen PT Garansindo dan sejumlah akademisi dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang selama ini mengembangkan motor listrik bernama Gesits. Nama tersebut merupakan kependekan dari Garansindo Electric Scooter ITS.

“Sebentar lagi ini (skuter listrik Gesits) akan diproduksi. Pemerintah akan backup, dalam artian (dalam hal) urusan uji-uji (pengujian) itu biar cepat, izin-izin (juga semakin) cepat,” papar Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Menurutnya, pengembang Gesits akan memproduksi motor itu 60.000 dalam setahun, atau 5.000 unit saban bulannya. Namun, lanjut presiden, jumlah produksi itu akan bertambah manakala permintaan dari masyarakat bertambah.

Presiden Joko Widodo mencoba mengendarai skuter listrik Gesits berkeliling kompleks Istana Kepresidenan, Rabu 7 November 2018 – dok.Istimewa

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meyakini skuter listrik yang merupakan produk 100% buatan dalam negeri ini bakal diminati masyarakat jika harganya juga bersaing. Oleh karena itulah, tantangan dari produsen motor tersebut adalah bagaimana membuat produknya lebih efisien dalam ongkos, mudah perawatannya, serta nyaman dipakai.

Kendati begitu, pemerintah tidak akan memperlakukan secara khusus dengan membuat peraturan khusus sebagai payung hukum untuk ‘memproteksi’ kendaraan roda dua dengan sumber tenaga dari setrum tersebut.

Presiden Jokowi mencoba duduk di atas jok skutik listrik Gesits – dok.Istimewa

Enggaklah. Enggak perlu payung-payungan. Apa saja kalau harganya kompetitif ya akan disambut positif masyarakat. Barang bagus pasti akan diserbu (konsumen). Itu hukum bisnis,” imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi M Natsir yang berada di tempat yang sama menmastikan, proses produksi Gesits dimulai Januari 2019. Dia juga menegaskan, prinsipal motor ini 100% Indonesia. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS