Tak Cuma di Indonesia, Penjualan Toyota di Dunia Juga Seret

Tak Cuma di Indonesia, Penjualan Toyota di Dunia Juga Seret
Ilustrasi produk Toyota, Toyota Camry model 2018 - dok.Autotheme.info

Tokyo, Motoris – Tak hanya di Indonesia, penjualan Toyota di pasar global juga seret, sehingga sepanjang semester pertama tahun fiskal 2018/2019 yang dimulai April atau dalam rentang waktu April – September penjualan Toyota hanya 4,4 juta unit. Jumlah penjualan Toyota di seantero dunia ini hanya bertambah 29.493 unit.

Seperti dilansir di laman resmi Toyota atau toyota-global dan Latin American Herald Tribune, Rabu (7/11/2018), Toyota mengakui pertumbuhan penjualan di pasar global tak lebih dari 0,67%. Angka ini terbilang sangat kecil dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Pasar terbesar Toyota adalah wilayah Amerika Utara yang terdiri dari Amerika Serikat, Meksiko, serta Kanada. Di wilayah ini Toyota di rentang waktu April-September melego 1,4 juta unit mobil.

Kemudian pasar terbesar kedua adalah Jepang. Di kampung halamannya sendiri, merek ini menjual 1,03 juta unit. Jumlah ini diklaim meningkat 56.416 unit dibanding periode sama di tahun fiskal 2017/2018.

Ilustrasi, All New Toyota C-HR dipajang di GIIAS 2018 – dok.Motoris

Wilayah Asia – di luar Jepang – merupakan pasar terbesar Toyota yang ketiga. Di kawasan ini, dia berhasil meniagakan 811.123 unit atau bertambah 67.184 unit dibanding semester pertama tahun fiskal 2017/2018.

Selebihnya, produk Toyota terjual di Amerika Tengah, Timur Tengah, Oceania, serta Afrika. Total penjualan di wilayah ini sebanyak 673.027 unit.

Sementara, di Indonesia, penjualan PT Toyota Astra Motor yang merupakan agen pemegang merek Toyota di Indonesia di periode Januari-September seperti yang tercatat di data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gakindo) sebanyak 257.562 unit. Jumlah ini melorot 10,38% dibanding kurun waktu yang sama di tahun lalu yang sebanyak 288.850 unit. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This