Gedor Asean, Mitsubishi Bikin Pabrik Baru di Vietnam

Gedor Asean, Mitsubishi Bikin Pabrik Baru di Vietnam
Ilustrasi, pabrik mitsubishi di Bekasi, Jawa Barat. dok. MMKSI

Bangkok, Motoris – Setelah berhasil mencecap keuntungan di wilayah Asia Tenggara karena penjualan yang terus membaik, Mitsubishi Motors terus ‘menggedor’ pasar wilayah ini. Untuk memperkuat gebrakan itu, pabrikan asal Jepang ini berencana membangun pabrik perakitan kedua di Vietnam.

Seperti dilaporkan laman Asia Nikkei, Sabtu (10/11/2018) rencana itu diungkapkan langsung oleh CEO Mitsubishi Motors, Osamu Masuko, saat peluncuran versi terbaru pikap Mitsubishi Triton/L200 di Bangkok, Thailand, Jumat (9/11/2018).  “Untuk menjadi pemenang yang sebenar-benar pemenang, kami harus meningkatkan jumlah produksi dan jumlah ekspor hingga tingkat tertentu di setiap negara,” ungkap Masuko.

Jika Mitsubishi berusaha mati-matian di Asia Tenggara sangat wajar. Pasalnya, wilayah ini telah menjadi pasar utama merek berlambang tiga berlian tersebut.

Data menunjukan, penjualan di Asia Tenggara pada tahun fiskal 2017 mencapai dari total penjualan Mitsubishi di seluruh dunia. Penjualan meningkat 33% menjadi 275.000 unit.

Mitsubishi TRITON/L200 versi terbaru – dok.Istimewa

Paralel dengan peningkatan penjualan, laba yang dihasilkan di wilayah ini juga menanjak hingga 45% sehingga menjadi 506,2 miliar yen. Model pikap Mitsubishi Triton dan citycar Mitsubishi Mirage tercatat sebagai kontributor penjualan yang terbanyak di wilayah ini.

Bahkan, Triton terbukti mampu menyumbang hingga 15% ke total penjualan Mitsubishi Motors di seluruh dunia. Kini, Mitsubishi Triton yang dirakit di Thailand akan diekspor ke 150 negara.

Model baru yang juga menjadi andalan Mitsubishi adalah Low MPV Mitsubishi Xpander yang dirakit di Indonesia. Mobil ini dinilai menjanjikan karena cepat populer di pasar bahkan penjualannya melebihi ekspektasi.

Pada tahun fiskal 2019/2010 nanti Mitsubishi Motors mematok target penjualan 310.000 unit di wilayah Asia Tenggara. Beragam varian siap digelontorkan di masing-masing negara.

Mitsubishi Outlander PHEV – dok.Istimewa

Jika di Thailand pemerintah setempat mencanangkan mobil listrik, pabrikan ini akan menyodorkan mobil plug-in hybrid. Rencananya, paling cepat tahun 2020. Mitsubishi akan menyodorkan mobil itu ke pemeintah Negeri Gajah Putih itu untuk mendapatkan persetujuan.

Sedangkan di Vietnam, pmodel yang hingga saat ini diproduksi lokal adalah Mitsubishi Outlander sejak 1 Januari 2018 lalu. Sedangkan model-model lain yang dijajakan di negara itu diimpor dari Thailand dan Indonesia. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This