Investasi Merugi, Ghosn Diduga Minta Nissan Nomboki

Investasi Merugi, Ghosn Diduga Minta Nissan Nomboki
Carlos Ghosn - dok.The National

Tokyo, Motoris – Bekas Ketua Dewan Nissan Motor, Carlos Ghosn, diduga melimpahkan kerugian investasi pribadinya selama krisis keuangan global tahun 2008 kepada Nissan. Cara itu dia gunakan untuk menghindari keuangannya semakin boncos.

Dugaan ini terkuak berkat informasi yang diberikan sumber di kejaksaan distrik Tokyo yang menginterograsi pria 64 tahun tersebut. Ghosn sebelumnya ditangkap aparat kejaksaan sesaat setelah mendarat di Tokyo dengan menggunakan jet pribadinya. Lelaki berdarah Lebanon dan warga negara Prancis ini diduga memanipulasi laporan gajinya serta menyalahgunakan aset perusahaan untuk kepentingan pribadi.

Informasi ini dilansir surat kabar Asahi Shimbun dan dikutip Reuters, Rabu (28/11/2018). Disebutkan saat bank mitra investasi Ghosn meminta lebih banyak jaminan, dia menyerahkan hak perdagangan derivatif – atau kontrak bilateral – Nissan. Walhasil, produsen mobil ini harus menanggung kerugian investasi Ghosn yang sebesar 1,7 miliar yen.

 

 

Carlos Ghosn – dok.Reuters

Disebutkan pula Komisi Securities dan Exchange Surveillance (SESC) Jepang telah menemukan kejadian itu saat melakukan pemeriksaan rutin.Hanya, hingga kini Nissan tak mau mengomentari informasi ini.

Begitu pun dengan SESC. Juru bicara lembaga itu mengatakan, pihaknya tidak bisa mengomentari kasus yang melibatkan individu atau perorangan. (Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This