Ekspor Capai 1,5 Juta Unit, Jokowi Apresiasi Yamaha

Ekspor Capai 1,5 Juta Unit, Jokowi Apresiasi Yamaha
Presiden RI Joko Widodo mencoba naik skutik premium Yamaha XMax saat berkunjung ke pabrik Yamaha Indonesia untuk melepas ekspor motor merek tersebut - dok.CNBC Indonesia

Jakarta, Motoris – Hingga di pengujung tahun ini ekspor sepeda motor Yamaha yang dilakukan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah mencapai 1,5 juta unit. Tak pelak, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun memberi apresiasi dan hadir melepas unit motor ke-1,5 juta yang diekspor.

Pelepasan ekspor tersebut dilakukan di kantor sekaligus pabrik Yamaha yang berada di Pulogadung, Jakarta, Senin (3/11/2018). Dalam sambutannya Jokowi menyebut ada tiga hal yang dia apresiasi.

“Yang pertama karena ekspor yang dilakukan tinggi (jumlahnya mencapai 1,5 juta unit). Kedua, investasi (yang ditanam) juga besar. Dan yang ketiga, juga karena local content (kandungan lokal di unit motor) telah mencapai 93-94%. Ini semua jumlah yang sangat besar,” ungkap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi juga menegaskan dirinya akan sangat mendukung Yamaha, termasuk dalam mempertajam penetrasi ke negara tujuan ekspor yang baru. Lantaran itu pula, dia meminta Yamaha untuk memaparkan rencana bisnis ke depan termasuk hambatan dan potensi hambatan yang dihadapi.

Pelepasan ekspor motor Yamaha yang ke-1.5 juta unit oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta, 3 Desember 2018 – dok.Warta Ekonomi

“Saya enggak mau mendengar masih ada hambatan-hambatan, termasuk misalnya soal perizinan. Kalau ada, tolong samapikan ke menteri-menteri,” tegas Jokowi.

Sementara itu, Yamaha Indonesia mengklaim sepanjang tahun 2018 ini jumlah motor yang diekspornya mencapai 338 ribu unit dalam rupa utuh. Sedangkan dalam wujud terurai (CKD) mencapai dan 5,3 juta unit.

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukan, dalam rentang waktu Januari-Oktober kemarin total ekspor sepeda motor Indonesia ke berbagai negara tujuan tercatat mencapai 510.610 unit. Ada lima merek di Tanah Air yang melakukan ekspor, yakni Yamaha, Honda, Suzuki, Kawasaki, dan TVS.

Selama kurun waktu itu, Yamaha menjadi merek yang paling banyak mengekspor dengan jumlah 281.620 unit. Sedangkan Honda berada di belakangnya dengan total ekspor sebanyak 144.803 unit. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This