Nilai Ekspor Yamaha Tahun ini Diperkirakan Rp 13,2 T

Nilai Ekspor Yamaha Tahun ini Diperkirakan Rp 13,2 T
Yamaha NMAX, salah satu model yang diekspor sepanjang 2018 - dok.istimewa

Jakarta, Motoris – Ekspor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tahun ini diproyeksi menembus 338.000 unit atau meningkat 100% lebih dibanding ekspor tahun 2016 yang sebanyak 166.000 unit. Dengan nilai ekspor yang mencapai Rp 13,2 triliun, Yamaha disebut ikut berkontribusi menciptakan surplus perdagangan Indonesia.

Seperti disebut dalam siaran pers YIMM, Senin (3/12/2018), surplus perdagangan Indonesia tahun ini mencapai US$ 813,6 juta atau sekitar Rp 11.8 triliun. Lantaran itulah, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang hadir dalam pelepasan unit motor ke-1,5 juta yang diekspor di kantor Yamaha, Pulogadung, Jakarta, Senin (3/12/2018) kemarin menegaskan pihaknya akan terus mendorong semua pabrikan untuk ekspor.

“Peningkatan ekspor merupakan salah satu program yang diprioritaskan pemerintah dalam rangka menekan defisit neraca perdagangan,” kata dia.

Soal ekspor Yamaha tahun ini, Airlangga menyebut tak hanya berupa sepeda motor berwujud utuh saja, tetapi juga dalam bentuk terurai. Jumlahnya mencapai 5.300.000 CKD set. Jumlah ini disebut meningkat14,7 kali lipat dibanding dengan tahun 2014.

Yamaha Aerox 155VVA R-Version, salah satu andaan ekspor Yamaha Indonesia – dok.YIMM

“Kandungan lokalnya sebesar 94%, Dan dari sepeda motor CBU yang yang diproduksi Yamaha, 25%-nya diekspor,” kata Ketua Umum Partai Golkar itu.

President Director & CEO PT YIMM, Minoru Morimoto menegaskan, motor Yamaha Indonesia diekspor ke45 negara di lima benua, antara ain ke Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Jerman, Perancis. Selain itu ke sejumlah negara di Asia, Afrika serta Australia.

Motor yang dikirim ke luar negeri itu aadalah Yamaha XMax, NMax, Lexi, Aerox, Yamaha YZF –R3, YZF R-25, MT-03, MT-25, YZF-R15, serta Yamaha MX-King. Selain itu, Yamaha juga terus berusaha memperluas model yang akan diekspor.

“Kami yakin Indonesia akan menjadi bagian penting produksi sepeda motor Yamaha untuk kebutuhan global. Produk-produk Yamaha saat ini telah menjadi kebanggaan Indonesia yang mendunia,” imbuh Morimoto. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This