Beli Mobil di Akhir Tahun Itu Lebih Menguntungkan

Beli Mobil di Akhir Tahun Itu Lebih Menguntungkan
Ilustrasi, Mitsubishi Xpander saat dipamerkan di IIMS 2018 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Bukan Desember yang merupakan bulan di pengujung tahun, disebut sebagai saat yang tepat bagi masyarakat yang ingin membeli mobil untuk mewujudkan keinginannya. Ada beberapa alasan yang mendasari, salah satunya di bulan terakhir pada kurun waktu setahun ini banyak diler dan bahkan diler utama yang mengobral program promo.

Salah satu diler utama yang menggelar program seperti itu adalah, Auto 2000. Seperti diakui Chief Executive-nya, Martogi Siahaan, ada sejumlah program promo yang ditawarkan di bulan Desember ini.

”Kami melihat bahwa bulan Desember 2018 merupakan momen yang paling tepat bagi pelanggan untuk membeli mobil baru Toyota. Apalagi terkait dengan kebutuhan libur akhir tahun dan berlimpahnya promo yang siap disajikan oleh Auto2000,” tutur Martogi dalam siaran pers Auto2000, Selasa (4/12/2018).

Banyak promo yang digelar diler untuk menarik minat pembeli juga diakui Marketing & CS Division Head PT Astra International Tbk, Daihatsu Sales Operation (DSO), Hendrayadi Lastiyoso. Menurutnya, hal seperti lumrah dilakukan oleh merek apapun.

Baca juga: Avanza Geser Xpander di Oktober, Diler Tampik Obral Diskon

Ilustrasi, Daihatsu Sigra saat dipamerkan di ajang GIIAS 2018 – dok.Motoris

“Karena moment-nya memang tepat. Akhir tahun biasanya banyak orang membutuhkan mobil, ada bonus dari perusahaan tempatnya bekerja. Jadi kalau diler menawarkan program promo tidak salah kan?,” ungkap dia saat dihubungi belum lama ini.

Hanya, soal wujud dan jenis program promo yang ditawarkan semua tergantung sepenuhnya kepada masing-masing diler. Termasuk jika diler yang bersangkutan memberikan potongan harga atau diskon.

Pelat tahun baru
Sementara itu, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto menyebut membeli mobil di pengujung tahun terutama di bulan Desember memiliki banyak keuntungan. Pertama, kata dia, mendapatkan tawaran program promo.

“Program seperti itu biasanya macam-macam, ada bonus gartis aksesoris, ada free asuransi selama waktu tertentu, dan yang terbanyak adalah diskon. Potongan harga itu tentu cukup bermanfaat bagi mereka yang menginginkan mobil tertentu tapi anggarannya belum cukup,” ungkap Jongkie saat dihubungi, Selasa (4/12/2018).

Kedua, dengan pembelian di akhir tahun, terutama di tanggal-tanggal terakhir di Desember, maka pendaftaran mobil ke kepolisian bisa dilakukan pada awal tahun berikutnya. Sehingga pelat nomornya, bisa di awal tahun baru.

“Kan biasanya orang menyukai seperti itu. Pelat nomornya tahun baru,” kata dia.

Baca juga: Baru Meluncur, Toyota Siram Promosi buat Yaris Facelift

Ilustrasi, Suzuki All New Ertiga menjadi andalan PT SIS di ajang GIIAS 2018 – dok.Motoris

Dan yang ketiga, dengan transaksi di bulan Desember, maka tingkat suku bunga – jika menggunakan skema pembelian secara kredit- masih tetap menggunakan bunga dengan besaran yang ada saat ini. Biasanya, kata Jongkie, diler memberi tawaran bunga kredit flat (tetap) selama setahun atau lebih sebagai promosi.

“Nah, sekarang BI kan menaikan BI Rate jadi 6%, biasanya leasing akan melalukan penyesuaian begitu BI Rate naik, meskipun tidak langsung. Jadi kalau BI Rate dinaikan pada Oktober lalu, bisa jadi awal tahun bunga kredit bisa naik,” imbuhnya. (Ara)

CLICK ME FOR MORE….

CATEGORIES
TAGS
Share This