Setelah 2026 VW Tak Produksi Mobil Konvensional Lagi

Setelah 2026 VW Tak Produksi Mobil Konvensional Lagi
Ilustrasi, VW Combie listrik atau VW I.D Buzz masih berupa konsep - dok.The Verge

Wolfsburg, Motoris – Volkswagen (VW) AG telah memastikan diri untuk beralih memproduksi mobil bersumber tenaga dari listrik secara total mulai tahun 2026 mendatang. Pada tahun itu juga untuk terakhir kalinya pabrikan yang bermarkas di Wolfsburg, Jerman ini, memproduksi mobil bermesin konvensional atau pembakaran internal.

Seperti diwartakan Reuters, Rabu (5/12/2018), penegasan itu diungkapkan langsung oleh Head of Strategy VW AG, Michael Jost. Dia mengakui pergeseran strategi itu juga tak lepas dari kasus yang menyeret VW pada tahun 2015 lalu atau yang dikenal dengan skandal emisi mesin diesel.

Saat itu, pabrikan ini harus merogoh kocek hingga 27 miliar euro atau sekitar Rp 438 triliun. Nilai yang sangat besar tentunya.
“(Mobil) berplatform pembakaran internal akan menjadi produk terakhir pada tahun 2026 ,” ucap Jost saat berbicara di konferensi KTT otomotif Handelsblatt di markas Volkswagen di Wolfsburg, Jerman.

Kantor pusat VW – dok.Calamatta Cuschieri

Pernyataan Jost diamini juru bicara pabrikan. Bahkan sang juru bicara mengatakan VW akan fokus membuat mobil listrik.
Dia menegaskan, meski mobil konvensional itu menjadi produk terakhir, namun akan tetap memenuhi standar yang berlaku di dunia.

“Ini merupakan wujud dari komitmen (VW) untuk melakukan langkah radikal dalam menghentikan pemanasan global,” kata Jost.

VW, lanjut Jost, berupaya untuk memenuhi kesepakatan iklim yang diteken di Paris,Prancis beberapa waktu lalu. Sehingga, selain produk yang dihasilkan, VW juga akan secara radikal memangkas tingkat polusi karbon dioksida dalam proses produksi. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This