Perpres Kendaraan Listrik Ditargetkan Rampung Awal 2019

Perpres Kendaraan Listrik Ditargetkan Rampung Awal 2019
Mitsubshi i-MiEV salah satu kendaraan listrik yang didonaksikan Mitsubishi MOtors Indonesia kepada pemerintah untuk pengujian infrastruktur pendukung kendaraan listrik di Indonesia - dok.MMKSI

Jakarta, Motoris – Peraturan Presiden (Perpres) tentang kendaraan bermotor listrik ditargetkan rampung pada awal 2019 mendatang. Landasan hukum ini dirasa mendesak untuk segera diterbitkan karena kehadiran kendaraan listrik di Indonesia saat ini sudah semakin marak.

“Ditargetkan awal tahun 2019 sudah (rampung), bisa menjadi pegangan bagi pelaku industri otomotif. Apalagi, sekarang kendaraan listrik di Indonesia juga terus berkembang. Jadi semakin cepat semakin bagus,” tutur Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, di sela peresmian stasiun pengisian daya kendaraan listrik di gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Menurutnya, penerbitan perpres dan peresmian stasiun pengisian daya kendaraan listrik ini merupakan wujud konkret dari langkah pemerintah dalam menyongsong era kendaraan listrik.

“Kendaraan listrik mulai dari sepeda motor, mobil, sampai bus sudah banyak yang hadir di Indonesia. Era kendaraan listrik menjadi sesuatu yang niscaya, jadi langkah antisipasi dengan penyiapan regulasi maupun infrastrukturnya telah dilakukan pemerintah,” papar mantan Panglima TNI itu.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kedua dari kiri) saat peresmian stasiun pengisian daya kendaraan listrik di kantor BPPT, Jakarta, 5 Desember 2018 – dok.MMKSI

Sementara, BPPT meresmikan stasiun pengisian daya kendaraan listrik di Gedung BPPT di Jakarta dan Serpong, Banten. Keduanya adalah stasiun pengisian daya cepat (fast charging station) 50 kW di gedung BPPT Jakarta, dan stasiun pengisian daya “pintar” (smart charging station) 20 kW di BPPT Puspiptek, Tangerang.

Dalam peresmian itu juga dilakukan road trip kendaraan listrik dari kantor BPPT di Jakarta menuju kantor B2TKE-BPPT di Serpong, Tangerang. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), ikut serta dalam peresmian sekaligus road trip tersebut.

Dua model kendaraan listrik Mitsubishi yakni i-MiEV dan Outlander PHEV berpartisipasi dalam demonstrasi pengisian daya kendaraan listrik tersebut. Mitsubishi, kata Director of Coordination & Development Division PT MMKSI, Ogi Ikematsu, mendonasikan dua kendaraan listrik Mitsubishi i-MiEV dan 8 kendaraan SUV plug-in hybrid Outlander PHEV.

Selain itu MMKSI juga menyumbang empat unit fasilitas pengisian daya cepat kepada pemerintah. “Kendaraan-kendaraan ini diikutkan dalam serangkaian studi pemodelan tentang bagaimana infrastruktur transportasi yang ada di Indonesia saat ini bisa mengakomodasi kendaraan listrik,” kata dia. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This