Cara AHM Penuhi SDM Industri Sekaligus Pacu Ekonomi

Cara AHM Penuhi SDM Industri Sekaligus Pacu Ekonomi
Ilustrasi, kompetisi keterampilan teknik sepeda motor antar siswa SMK yang digelar PT AHM - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sejak tahun 2010 PT Astra Honda Motor (AHM) telah mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (KTBSM) di 682 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mitra binaan di berbagai wilayah di Indonesia. Cara ini bukan sekadar untuk memenuhi kebutuhan industri atau pabrikan motor saja tetapi juga untuk menggerakan roda perekonomian.

Menurut Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin apa yang dilakukan pihaknya bukan hanya mengimbangi pertumbuhan pasar sepeda motor dan meningkatnya jumlah bengkel, namun juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Tanah Air. Terlebih, lanjut dia, cara ini juga sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Sumber Daya Manusia Indonesia.

“Kami ingin lulusan SMK mitra binaan memiliki bekal keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan industri. Selain itu ada program Astra Honda Youthpreneurship untuk menfasilitasi alumni SMK yang ingin berwirausaha di bidang perbengkelan,” papar Muhib dalam siaran pers, Kamis (6/12/2018).

Peserta kompetisi keterampilan teknis antar siswa SMK yang digear PT AHM tengah menjalani ujian pratik-dok.Motoris

Data yang diungkapkan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto belum lama ini menunjukan kontribusi industri otomotif kepada PDB nasional mencapai 10,16% pada tahun 2017. Sektor otomotif juga menyerap tenaga kerja langsung dan tidak langsung sebanyak 1,5 juta orang.

PT AHM menginisiasi kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) sejak tahun 2010 setelah Kementerian Pendidikan & Kebudayaan (Kemendikbud) membuka kompetensi keahlian baru di SMK bernama TSM. Kurikulum ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dan mengajarkan siswa dengan pengetahuan dan keterampilan teknik terkini sesuai perkembangan industri.

“Peningkatan kompetensi ini juga dilaksanakan dengan standardisasi laboratorium praktik dan memberikan kesempatan praktek kerja industri di jaringan bengkel resmi Honda,” ujar Muhib.

Atas kontribusinya adalam pengembangan pendidikan vokasi di Tanah Air, PT AHM mendapat penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI – dok.Istimewa

Kemendikbud telah memberi penghargaan kepada PT AHM atas kontribusi tersebut. Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution disaksikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam acara Rembuk Pendidikan Kejuruan SMK 2018 yang berlangsung di Jakarta, Rabu (05/12/2018). (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This