Penjualan Ritel Capai 94%, Wuling Tepis Isu Miring

Penjualan Ritel Capai 94%, Wuling Tepis Isu Miring
Wuling Confero S merupakan tipe yang terlaris di jajaran varian Confero - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Penjualan mobil asal China, Wuling, di Indonesia sepanjang Januari-November lalu – dari pabrik ke diler (wholesales) tercatat sebanyak 14.677 unit. Laju penjualan ini disebut paralel dengan penjualan dari diler ke konsumen alias ritel.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di rentang waktu 11 bulan pertama itu penjualan ritel Wuling mencapai 13.808 unit. “Itu setara dengan 94,08% dari wholesales. Artinya, unit-unit yang dikirimkan ke diler benar-benar terserap oleh konsumen,” tutur Brand Manager Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani, saat dihubungi Motoris, Selasa (18/12/2018).

Rincian penjualan dari pabrik ke diler di kurun waktu itu adalah, Wuling Confero terjual 9.506 unit atau setara dengan 65% dari total penjualan. Sedangkan Wuling Cortez sebanyak 5.095 unit.

Pernyataan Dian soal penjualan ritel tersebut sekaligus menepis isu yang menyebut Wuling Motors hanya menjejali para dilernya, sehingga angka penjualan secara wholesales yang besar. Bahkan isu itu mempertanyakan penyerapan produk secara riil.

Penyerapan produk ini, lanjut Dian, juga paralel dengan pertumbuhan jumlah diler, yang saat ini telah mencapai 87 unit. Jumlah ini telah mencapai target yang dipatok yakni 80 diler.

Wuling Cortez paling banyak dicoba pengunjung selama perhelatan GIIAS 2018 – dok.Motoris

“Bahkan, kami berusaha keras agar di akhir tahun ini jumlah diler mencapai di atas 87 unit, atau setidaknya 88 unit. Pengembangan diler dan layanan merupakan fokus kami di tahun ini,” kata dia.

Menurut Dian, dengan terbangunnya jaringan penjualan, layanan perawatan maupun perbaikan, plus ketersediaan suku cadang telah membuat calon konsumen semakin yakin bahwa merek asal Negeri Tirai Bambu ini layak menjadi pilihan.

“Karena dari bbeberapa survei kami, dari sii kualitas produk masyarakat mengakui kualitas Wuling. Masukan dari mereka adalah penguatan jaringan layanan, karena itulah kami terus perkuat ini,” ucap dia. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This