Penerbitan Perpres Mobil Listrik Bisa Meleset dari Target

Penerbitan Perpres Mobil Listrik Bisa Meleset dari Target
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono - dok.Kemenperin

Jakarta, Motoris – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B.Panjaitan memperkirakan Peraturan Presiden (Perpres) tentang mobil listrik baru akan diterbitkan awal tahun depan. Saat ini, kantor Kemenko Kemaritiman baru akan membahas dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian ESDM.

Bahkan, seperti dikatakan Luhut saat berada di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Selasa (18/12/2018), kemarin, rapat dengan dua kementerian itu baru digelar hari ini, Rabu (19/12/2018).

“Kami akan duduk sama-sama untuk merampungkan Perpres itu. Setelah itu akan rapat terbatas dengan Presiden,” tuturnya.

Dengan demikian, penerbitan Perpres tersebut diperkirakan akan terjadi pada awal tahun 2019 mendatang. Jika ini terjadi, maka meeset dari target yang pernah disampaikan oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

Seperti diketahui, Selasa (6/11/2018), di kantor Kemenperin, Airlangga mengatakan, Perpres terkait mobil listrik akan terbit akhir 2019. Dia mengatakan hal itu karena draft Perpres tersebut telah berada di kantor Kemenko Perekonomian.

Toyota Prius Plug-in hybrid yang digunakan penelitian oleh enam perguruan tinggi – dok.Motoris

“Regulasi itu tidak menunggu studi lagi. Pak Menko (Menko Perekonomian Darmin Nasution) segera merapatkan (membahasnya), (targetnya selesai) tahun ini. Kalau enggak, orang akan menunggu untuk investasi. Judul (nama Perpres) itu, nanti akan kita lihat,” papar Airlangga kala itu.

Menurutnya, Perpres itu akan mengatur banyak hal, terutama terkait fasilitas dan insentif fiskal bagi pengembangan industri kendaraan listrik baik di sektor hulu hingga hilir. Diantaranya tentang Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) bagi kendaraan jenis sedan dan mobil listrik, tax holiday, dan lain-lain. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This