Jawa Barat Masih Jadi Penyerap Motor Terbanyak

Jawa Barat Masih Jadi Penyerap Motor Terbanyak
Ilustrasi, karyawan Astra Honda Motor tengah melakukan produksi sepeda motor Honda - dok.Astra Honda

Jakarta, Motoris –  Sepanjang tahun 2018 penjualan sepeda motor di Indonesia diperkirakan tembus 6,3 juta unit atau bahkan lebih. Di sepanjang tahun ini pula, wilayah Jawa Barat masih menjadi penyerap terbanyak kendaraan bermotor roda dua itu.

Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala yang dihubungi Motoris, Jumat (4/1/2019), mengaku belum meneria rekap penjualan secara total sepanjang tahun 2018. Meski begitu, kata Sigit, jika melihat penjualan sepanjang Januari-November yang sebanyak 5.929.930 unit, maka angka 6,3 juta unit terlampaui.

“Desember belum dilaporkan secara resmi, tetapi dari laporan sementara yang disampaikan teman-teman, rata-rata setiap bulan yang 540 unit itu terlampuai di Desember. Sementara, Jawa Barat masih yang tertinggi penyerapannya,” ujar Sigit.

Tingginya penyerapan Jawa Barat, tidak lepas dari posisi geografis wilayah itu terhadap DKI Jakarta. Tiga wilayah di provinsi itu – Bekasi, Depok, dan Bogor – merupakan daerah penyangga yang berbatasan langsung dengan Jakarta.

Ilustrasi, Yamaha Freego, model terbaru Yamaha yang diluncurkan di IMOS 2018 – dok.Motoris

“Banyak orang-orang yang bekerja di Jakarta tinggal di wilayah itu. Artinya secara demografis, ketiganya juga memiliki kepadatan yang lebih dibanding daerah lainnya. Banyaknya penduduk ini, tentu berkotelasi positif terhadap penyerapan sepeda motor,” ucap Sigit menjelaskan.

Daya beli
Terlebih, daya beli masyarakat di ketiga kota tersebut juga lebih tinggi. Selain karena perputaran uang dengan denyut perekonomian yang aktif, di sejumlah wilayah Bekasi juga bertebaran industri manufaktur maupun jasa.

Kehadiran industri tersebut, tentu juga diikuti oleh penyerapan tenaga kerja atau pekerja. Para pekerja ini tidak hanya turut mendorong roda perekonomian dan menimbulkan efek berantai berupa pendapatan bagi masyarakat, tetapi juga menyerap sepeda motor baru.

Suzuki GSX-R150 ABS diluncurkan di IMOS 2018 – dok.Motoris

Selain ketiga kota juga ada kota Bandung, Tasikmalaya, Garut yang juga terdaat industri. Begitu pula di wilayah lain seperti Cirebon, dan lainnya.

“Total prosentase penyerapan sepeda motor baru oleh Jawa Barat mencapai kurang lebih 17%. Kemudian disusul Jawa Timur yang kurang lebih 15,7%, dan  DKI Jakarta di kisaran 12%,” imbuh Sigit. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This