Mobkas MPV Masih Laris di 2018, Permintaan City Car Naik

Mobkas MPV Masih Laris di 2018, Permintaan City Car Naik
Ilustrasi Honda Brio - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang tahun 2018 kemarin permintaan mobil bekas (Mobkas) diakui sejumlah pedagang naik sekitar 10% dibanding tahun sebelumnya. Varian Low MPV (LMPV) masih tercatat sebagai mobil yang diburu konsumen, sedangkan penjualan city car meningkat signifikan.

“Mobil-mobil seperti Avanza, Ertiga, Xenia masih mendominasi penjualan. Saya enggak tahu persis total di sini berapa, tetapi di tempat saya sepanjang tahun 2018 kemarin total 146 unit ini naik sekitar 10% dari tahun lalu yang sebanyak 132,” tutur salah seorang pedagang mobkas di Mangga Dua Square, Jakarta, Hendrawan, saat dihubungi Motoris, Rabu (9/1/2018) sore.

Menurutnya, dari total penjualan yang dibukukannya hampir 60% adalah MPV. Toyota Avanza masih mendominasi, kemudian disusul Suzuki Ertiga. Kemudian Toyota Innova, Xenia dan Honda Mobilio.

“Kalau Mitsubishi Xpander memang sudah ada yang menjual tetapi jarang. Umumnya, justeru tipe-tipe tertinggi, Ultimate yang dijual,” kata pria 47 tahun itu.

Toyota Avanza – dok.Istimewa

Naiknya penjualan mobkas sepanjang 2018 juga diakui oleh bos Edwin Mobilio, Tambun, Bekasi, Jawa Barat, Edi Winarno Surahmat. Dia menyebut, showroom miliknya mencatakan penjualan sebanyak 81 unit.

“Ya sekitar 10-an persen lebih lah. Umumnya yang banyak dibeli masih Avanza, terus Ertiga (Suzuki). Innova juga banyak yang beli juga, malah ada Innova model baru juga terjual. Total kalau MPV ini ya sekitar 55%,” kata dia saat dihubungi, Rabu (9/1/2018) petang.

Ganjil-genap
Menurut Edi ada fenomena yang menarik sepanjang 2018, yakni naiknya permintaan city car kelas LCGC. Di segmen ini, mobkas Toyota Agya dan Honda Brio paling banyak diburu.

“Para pembeli umumnya, mereka yang baru naik dari pengguna motor ke mobil. Nah kenapa mereka enggak beli yang baru, karena sekarang leasing yang gede-gede itu ketat (selektif) ya mungkin takut macet,” ujar dia menjelaskan kepada Motoris.

Selain para pemula, city car LCGC itu juga diminati keluarga-keluarga yangkesehariannya bekerja atau berkantor di Jakarta. Mobil-mobil ini digunakan sebagai alternative untuk menyiasati aturan ganjil-genap.

Pernyataan ini diamini senior General Manager bursa mobkas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih. Menurutnya, permintaan city car sepanjang tahun lalu meningkat.

Ilustrasi, Daihatsu Ayla – dok.Istimewa

“Tapi yang banyak di sini, Honda Jazz, Honda Brio. Kemudian ada Toyota Agya, dan Daihatsu Ayla. Rata-rata pembeli itu sudah punya mobil, ini untuk alternative saat bekerja karena ada aturan ganjil-genap,” tutur Herjanto saat dihubungi Motoris, Kamis (10/1/2019).

Selain city car, low MPV, MPV mediuam seperti Innova, kemudian SUV antara lain Pajero Sport, Toyota Fortuner, dan Nissan X-Trail juga menjadi buruan pembeli. Secara total, penjualan di WTC Mangga Dua, kata Herjanto, naik cukup signifikan.

Jika di tahun 2017 penjualan sebanyak 38.000 unit, di tahun 2018 sebanyak 38.770-an unit. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This