Pacu Jualan Mobil Hibrida, Geely Caplok Teknologi Toyota

Pacu Jualan Mobil Hibrida, Geely Caplok Teknologi Toyota
Ilustrasi, produk Geely Auto Mobile - dok.Japantimes.co.jp

Shanghai, Motoris – Zhejiang Geely Holding Group – pabrikan otomotif Cina yang sekaligus pemilik Volvo Cars – terus memacu realisasi inisiatif “Blue Geely” yakni penjualan kendaraan terelektifikasi baik hibrida (hybrid) maupun listrik sebanyak 2 juta unit di 2020 nanti. Melalui Hunan Corun New Energy Co, Ltd (Corun) – pemegang saham terbesar kedua di grup – Geely ‘mencaplok’ hak paten Toyota Hybrid System (THS).

Seperti dilaporkan laman Chinadaily dan Marklines, Selasa (8/1/2019) kemarin, hak paten THS di Cina telah berakhir pada Februari 2017 lalu. Dengan demikian, hak tersebut secara hukum sudah tidak dilindungi oleh undang-undang lagi.

Sebelum meluncurkan inisiatif mobil listrik melalui “Blue Geely” pabrikan yang bermarkas di Hangzhou itu telah mendanai sebuah usaha patungan yang disebut ChinaHybrid System Co., Ltd pada tahun 2014. Lingkup bisnis perusahaan itu antara lain kegiatan peneltian dan pengembangan (R&D), pembuatan dan pemasaran sistem hibrida, transmisi, dan paket baterai.

Corun selama ini juga tercatat sebagai pemasok baterai mobil-mobil hybrid Toyota yang dibuat di Cina. Artina, dia merupakan perusahaan Cina yang mengetahui persis teknologi baterai untuk mobil hybrid buatan pabrikan Jepang tersebut.

Kantor Zhejiang Geely Holding Group, simbol keberhasilan Li Shufu dalam menekuni bisnis – dok.Yahoo Finance

Toyota mengakui hal itu. Wakil Presiden Direktur Toyota di Cina, Dong Changzheng bahkan mengatakan di November 2017 lalu pihaknya telah bekerja sama dengan Geely untuk mempopulerkan teknologi tenaga hibrida melalui Corun.

Geely selama ini dikenal sebagai perusahaan asal Cina yang agresif membeli saham perusahaan otomotif di dunia. Dia tercatat sebagai pemilik mayoritas saham Volovo Cars. Selain itu pemilik saham Proton, Lotus Cars dan Terrafugia Transition yang merupakan pabrikan pembuat mobil terbang, dan bahkan 9,7% saham Daimler AG. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This