Bos Mitsubishi Siap Perangi Avanza Facelift

Bos Mitsubishi Siap Perangi Avanza Facelift
Mitsubishi Xpander Sport Manual - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Persaingan di segmen kendaraan multiguna bawah (low multipurpose vehicle/LMPV) bakal makin gila, setelah Toyota melepas Avanza facelift, belum lama ini. Kehadiran mobil rakitan Sunter, Jakarta, ini dipastikan bakal mengancam jagoan Mitsubishi, Xpander.

Sebab, sebelum versi facelift dirilis saja, Avanza sudah berhasil mengungguli Xpander. Per November 2018, penjualan Avanza mencapai 75 ribu unit, sedangkan Xpander 71 ribu unit.

Akan tetapi, alih-alih gentar dengan kehadiran Avanza facelift, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura malah siap menantang target penjualan 7.000 unit per bulan sang rival. Dia meyakini, Xpander memiliki modal kuat untuk bertarung dengan Avanza, yakni desain fantastis, kenyamanan, kabin luas, dan beberapa fitur unggulan.

“Kami juga akan menjelaskan ke konsumen bahwa Xpander adalah pilihan tepat di segmen small MPV, baik dari sisi produk maupun dari segi layanan purnajual,” ujar dia di Jakarta, Rabu (16/1/2019).Dia menilai, permintaan Xpander sampai saat ini masih cukup kuat. Buktinya, inden masih dua bulan sepanjang 2018. MMKSI meyakini, inden dapat dipangkas, seiring normalnya produksi varian otomatis mulai 2019.

Toyota Avanza versi facelift diluncurkan 15 Januari 2019 – dok.Motoris

Tahun lalu, dia menuturkan, produksi Xpander varian otomatis terganggu, sehingga penjualan terkoreksi. Imbasnya, Avanza berhasil menyalip Xpander per November 2018.

Director of Sales and Marketing Division MMKSI Irwan Kuncoro menyatakan, kehadiran Avanza facelift dipastikan meningkatkan atmosfer persaingan di segmen LMPV nasional. Apalagi, sebelumnya, Suzuki sudah lebih dahulu melempar All New Ertiga.

“Pada dasarnya, produsen terus mengembangkan produk agar jadi yang terbaik. Ini bagus untuk konsumen, karena mereka akan mendapatkan produk terbaik,” ujar dia.

Sebagai pemain baru, dia meyakini, Xpander mampu berkompetisi di segmen tergemuk nasional itu dan menarik banyak peminat. Sebab, Xpander hadir dengan konsep berbeda, yakni the next generation MPV.

Xpander, kata dia, unggul dari sisi desain, kesenyapan, dan lain-lain dari para rival. Alhasil, Xpander meraih banyak penghargaan, salah satunya Car of The Year dar Forum Wartawan Otomotif (Forwot).

“Ini membuktikan Xpander diterima oleh pasar. Ini bukan hanya penilaian Mitsubishi sendiri, melainkan juga dari pihak-pihak lain,” tegas dia. (Gbr)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This