Kawasaki Indonesia Setop Sementara Jualan Moge

Kawasaki Indonesia Setop Sementara Jualan Moge
Ilustrasi, Kawasaki Ninja ZX-6R versi terbaru - dok.Motorcyclist

Jakarta, Motoris – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memutuskan untuk menghentikan sementara penjualan sepeda motor gede (moge). Agen pemegang merek Kawasaki di Indonesia itu merasa kesulitan setelah pemerintah menetapkan kebijakan pembatasan impor motor dengan mesin di atas 500cc.

Seperti diketahui, aturan yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 112/PMK.04/2018 itu menetapkan tarif baru untuk PPh pasal 22, PPnBM, bea masuk, dan lainnya. Walhasil, harga produk impor yang masuk dalam ketentuan ini melonjak.

Sementara jumlah barang yang diimpor atau kuota juga dibatasi. Peraturan ini erlaku sejak pertengahan September 2018 lalu.

“Jadi izin mendapatkan kuota impor itu lama sekali turunnya, sementara jadi indennya kami stop dulu,” tutur Deputy Head & Sales Promotion KMI Michael C Tanadi belum lama ini di Jakarta.

Moge Kawasaki ZX14R lansiran 2013 ditawarkan dengan diskon Rp 80 juta. dok. www.topspeed.com

Dia menjelaskan, rata-rata moge yang penjualan dihentikan sementara bermesin 1.000 cc seperti Z900, dan ZX10. Namun, untuk motor bermesin 600 cc tahun produksi 2018, KMI masih mempunyai stok.

“Kalau mau yang 2018 masih ada, tetapi untuk Z900 dan ZX10 sudah tidak ada, kami juga belum tahu sampai kapan ini. Kita ikuti saja peraturan pemerintah ini,” kata Michael.

Meskipun penjualannya terhambat, Michael mengakui hal itu tidak memiliki dampak yang signfikan terhadap penjualan. Pasalnya, porsi penjualan moge CBU itu sangat kecil porsinya, yakni sekitar 3% dari total penjualan.

“Karena kita penjualannya main di motor yang sudah diproduksi di sini. Kalau moge-moge seperti itu pengaruhnya kecil sekali,” imbuh Michael.(Kpr)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This