Toyota Fortuner, Masih Rajai Ekspor Mobil Indonesia

Toyota Fortuner, Masih Rajai Ekspor Mobil Indonesia
Ilustrasi, Toyota Fortuner TRD untuk TTI - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang tahun 2018 kemarin, jumlah ekspor mobil Indonesia ke sejumlah negara mencapai 264.553 unit, yang dibukukan oleh Daihatsu, Toyota, Mitsubishi, Suzuki, Hyundai, dan Hino. Merek terbanyak mencatatkan ekspor adalah Daihatsu yang dijajakan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), namun predikat mobil terlaris di pasar mancanegara itu ditorehkan Toyota Fortuner.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang 2018, Daihatsu diekspor sebanyak 117.182 unit. Namun, model-model yang diekspor oleh PT ADM tersebut juga terasuk mobil yang selama ini berlabel Toyota seperti Avanza, Rush, dan Agya (Wigo).

“Laporan yang kami terima tentang mobil-mobil yang diekspor itu dari yang mengekspor. Kita (Gaikindo) tidak memilikin otoritas untuk memisahkan. Kan itu internal mereka (Toyota dan Daihatsu dalam payung Toyota Group karena saham Daihatsu dimiliki Toyota Motor Corporation),” ujar Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, saat dihubungi Senin (21/1/2019).

Sementara, SUV besutan Toyota yang diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yakni Fortuner tercatat sebagai mobil yang paling banyak diekspor. SUV ini sohor di wilayah Timur Tengah, Afrika, dan sebagian wilayah Amerika.

Baca juga: Toyota Supra Akhirnya Lahir, Berjejal Mesin Straight Six Twin-Turbo

Mitsubishi Xpander – dok.MMKSI

Data berbicara, total Toyota Fortuner yang diekspor sepanjang tahun lalu mencapai. 52.065 unit. Urutan kedua terbanyak Toyota Avanza 35.468 unit, disusul Toyota Rush 33.249 unit.

Sementara itu, Toyota Wigo (atau di dalam negeri disenamai Toyota Agya) sebanyak 31.100 unit. Kemudian Mitsubishi Xpander 27.342 unit, dan Toyota Vios 22.876 unit.

Sedangkan di daftar merek terbanyak mengekspor Daihatsu di urutan pertama disusul Toyota dengan volume 89.627 unit, Mitsubishi 27.342 unit, Suzuki 24.924 unit. Urutan berikutnya terdapat Hyundai yang mengekspor sebanyak 2.737 unit, dan Hino sebanyak 2.749 unit. (Ara)

Click me for more graphics…

 

CATEGORIES
TAGS
Share This