Penjualan Wuling Menggelinding, DFSK Masih Seret

Penjualan Wuling Menggelinding, DFSK Masih Seret
Ilustrasi Wuling Cortez - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang tahun 2018 lalu penjualan mobil Wuling yang dipasarkan PT SGMW Indonesia atau Wuling Motors Indonesia mencapai 17.002 unit dan masuk ke peringkat 9 besar penjualan seluruh merek mobil yang beroperasi di Tanah Air. Ketika Wuling menggelinding, merek yang juga berasal dari Cina – Sokon atau Dongfeng Sokon (DFSK) – penjualannya malah masih seret.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Wuling menggelinding didominsi oleh Low MPV Wuling Confero. Setelah itu Wuling Cortez. Adapun kendaraan komersial Wuling Formo 1.2 Blind Van dan Formo minibus, masing-masing hanya terjual 63 dan 20 unit.

“Penjualan ritelnya tidak jauh dari penjualan wholesales. Sekitar 94% dari total penjualan wholesales,” tutur Brand Manager Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani, saat dihubungi Motoris, Selasa (22/1/2019).

Menurut Dian penjualan sebanyak itu telah menempatkan Wuling berada di posisi ke-9 dari daftar 10 besar merek kendaraan bermotor roda empat atau lebih di industri otomotif Indonesia. “Bahkan kalau di segmen passenger car, posisi kami sudah berada di urutan keenam,” kata dia.

Baca juga: Avanza-Xenia Anyar Bisa Bikin Low MPV Wuling “Terguling”

Wuling Confero – dok.Motoris

Sebelumnya, sepanjang Agustus 2017 hingga akhir Juni 2018, Wuling Motors membukukan penjualan sebanyak 13.170 unit kendaraan. Dengan jumlah itu, dia telah menapak posisi 10 besar penjualan mobil di Indonesia.

Jumlah diler resminya juga terus bertambah. Jika di kurun waktu itu masih 71 diler di Januari 2019 ini sudah mencapai 92 unit yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut telah melebihi target yang sebelumnya dipatok sebanyak 80 unt hingga akhir 2018..

DFSK Seret
Sementara, merek satu asal dengan Wuling – dari Cina – DFSK yang dipasarkan oleh PT Sokonindo Automobile (DFSK) di rentang waktu yang sama hanya membukukan penjualan 1.222 unit. Data Gakindo menunjukan, penjualan sebanyak itu terdiri dari 614 unit SUV DFSK Glory 580 dan 608 unit pikap DFSK Supercab.

Seperti dikutip laman Kontan.co.id, Selasa (15/1/2019) Public Relation & Digital Manager Sokonindo Automobile, Arviane Dahniarny Bahar, mengatakan, pihaknya akan memuka diler baru untuk memperkuat penetrasi pasar. Namun, terkait jumlah diler yang akan dibuka Arviane masih enggan membeberkannya. “Yang pasti akan bertambah. Kami akan menambah di kota-kota besar provinsi,” tambah wanita yang akrab disapa Anne itu.

Baca juga: Sokonindo Rela Boncos Ketimbang Bangkrut

Glory 580 di gelaran GIIAS 2018 – dok.Motoris

Sejatinya, PT Sokonindo Automobile (DFSK) sudah mulai bergerak memasarkan produk sejak 2017 dengan menyodorkan kendaraan komersial pikap Supercab. Setelah itu, pada April 2018 di ajang Indonesia International Motor Show 2018, merek ini meluncurkan mobil penumpang pertamanya di Indonesia yakni SUV Glory 580. (Ara)

Click for more graphics…

CATEGORIES
TAGS
Share This