Mobkas Avanza Cs Paling Banyak Diburu di OLX

Mobkas Avanza Cs Paling Banyak Diburu di OLX
Toyota Avanza versi lama - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Pencarian mobil bekas (Mobkas) di situs jasa jual beli barang OLX sepanjang tahun 2018 lalu didominasi oleh mobil keluarga serbaguna alias MPV dan hatchback. Dari total 300.000 iklan otomotif per bulan di halaman OLX , mayoritas merupakan mobil jenis MPV.

“Mobil yang paling laku di OLX memang MPV, dan kalau melihat modenya Toyota Avanza masih yang terbanyak. Avanza yang terjual di OLX ini mencapai 30%-nya,” kata Direktur Marketing OLX Indonesia, Agung Iskandar, di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Sementara di varian hatchback yang diiklankan di laman tersebut, terbanyak adalah Toyota Yaris dan Honda Jazz. Varian ini merupakan terbanyak kedua yang dicari oleh masyarakat pemburu mobkas.

Urutan selanjutnya ada mobil jenis SUV dan mobil kelas LCGC. Menurut Agung, pencarian SUV di OLX mulai meningkat sejak tahun 2017 lalu.

Ilustrasi pengecekan mobil oleh petugas otospector – dok.otospector.co.id

Bahkan, pecarian kendaraan komersial pun seperti pikap, truk ringan, hingga truk berat juga terjadi di OLX. Pikap dan truk ringan boks paling banyak dicari seriring menggeliatnya pasar logistik dan perdagangan.

“Bisa dibilang, transkasi jual beli mobil bekas di Indonesia semakin searak seiring dengan pertumbuhan situs jual beli,” kata dia.

Kendati demikian, keberadaan situs jual beli semacam OLX ini diyakini tak akan mematikan diler mobil baru maupun mobkas. Pasalnya, tak sedikit diler maupun wiraniaga yang mengiklankan mobil-mobil yang mereka jual di situs ini. Begitu pun dengan showroom mobkas.

“Prinsipnya kami tidak mematikan bisnis diler konvensional, terbukti juga banyak diler yang mengiklankan produk baru maupun lamanya di OLX,” jelas Agung.

Ilustrasi, deretan mobil bekas yang dijual di Bursa Mobil Bekas Mangga Dua Square, Jakarta – dok.Motoris

Seiring dengan peningkatan aktifitas pencarian mobkas maupun mobil baru di situs jual beli, sejak Desember 2018 lalu OLX memperkuat layanan dengan menghadirkan layanan inspeksi mobil. Saran ini tak hanya memudahkan calon pembeli mobil saja, tetapi juga penjual karena akan mengetahui secara pasti harga yang layak untuk mobil mereka.

Namun, layanan yang merupakan kolaborasi antara OLX dengan penyedia layanan inspeksi mobil OtoSpector itu secara resmi diperkenalkan Selasa (22/1). “OtoSpector memiliki tim profesional dalam melakukan pengecekan pada mobil. Selain itu, juga memberikan garansi dan laporan secara online yang mudah diakses oleh calon pembeli,” imbuh Agung. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This