Rawan Terbakar, 200 Ribuan Mobil Volvo Ditarik

Rawan Terbakar, 200 Ribuan Mobil Volvo Ditarik
Ilustrasi Volvo XC60 yang diproduksi di Eropa - dok.Istimewa

Goterborg, Motoris – Pabrikan asal Swedia – yang mayoritas sahamnya dimiliki Zhejiang Geely Holding Group – menarik 200.000 unit kendaraan berbagai varian dan model tahun pembuatan yang juga berbeda. Mobil-mobil itu ditarik karena mengalami masalah kebocoran bahan bakar yang berpotensi memicu kebakaran.

Seperti dilaporkan Reuters, Rabu (24/1/2019), jumlah mobil yang ditarik sebanyak 219.000 unit yang terdiri dari 11 model berbeda yakni diproduksi pada tahun 2015 dan tahun 2016. Kendaraan ini tersebar di berbagai negara, namun junlah terbanyak berada di Swedia, Inggris dan Jerman

“Tidak ada laporan yang menyatakan cedera atau kerusakan yang terkait dengan masalah ini. Volvo secara preventif mengingatkan kembali mobil-mobil untuk menghindari kemungkinan masalah di masa depan,” bunyi pernyataan pabrikan.

Juru bicara Volvo yang dikonfirmasi membenarkan ada penarikan tersebut. Namun dia menolak berkomentar soal biaya penarikan terakhir.

Ilustrasi, Li Shufu pendiri Zhejiang Geely Holding Group bersama President CEO Volvo Cars, Hakan Samuelsson saat menghadiri acara di Shanghai tahun 2016 lalu – dok.Reuters

Penarikan mobil Volvo yang bermasalah dalam jumlah terbesar hingga kini, terjadi pada tahun 2004. Saat itu, 460.000 unit mobil ditarik, karena mengalami masalah pada kabel dalam modul kontrol elektronik kipas pendingin mesin mobil. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This