Hyundai Kembangkan Airbag Pelindung Kecelakaan Beruntun

Hyundai Kembangkan Airbag Pelindung Kecelakaan Beruntun
Demonstrasi penggunaan airbag untuk melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan beruntun oleh Hyundai Motor Company- dok.CNET

Seoul, Motoris – Pabrikan otomotif terbesar ketiga di Korea Selatan, Hyundai Motor Group, saat ini tengah mengembangkan produk airbag atau kantung udara yang memiliki kemampuan melindungi pengemudi dan penumpang mobil saat terjadi tabrakan beruntun. Pasalnya, dalam kecelakaan seperti itu, risiko fatal yang kemungkinan terjadi juga sangat tinggi.

Pernyataan resmi Hyundai yang dirilis Senin (21/1/2019) da dikutip laman Yonhapnews, belum lama ini, menyebut dari penelitian yang dilakukan pihaknya terlihat airbag yang ada di mobil saat ini – dan ditujukan sebagai pelindung saat terjadi benturan karena tabrakan – ternyata belumlah cukup.

“Airbag yang dikembangkan ini nantinya melindungi pengemudi dan penumpang jika (mobil terlibat) tabrakan dan masih mesin masih dalam kondisi menyala, yang kemudian mobil terlibat lagi tabrakan atau menabrak sesuatu benda misalnya pohon, tiang lampu jalan. Airbag akan mengembang sempurna dalam setiap benturan yang terjadi pada tabrakan beruntun,” terang Juru Bicara Hyundai melalui sambungan telepon.

Rencananya, airbag model anyar itu akan digunakan di mobil-mobil Hyundai maupun Kia Motors – yang merupakan anak perusahaan Hyundai – yang bakal diproduksi. Hanya, kapan tepatnya produksi mobil baru yang menggunakan airbag ini, belum disebutkan dengan pasti.

Ilustrasi, airbag di salah satu model sedan All New Hyundai Accent – dok.New Market Hyundai

Juru Bicara Hyundai menambahkan pihaknya juga memperhatikan dengan seksa fakta yang terungkap dari penelitian National Automotive Sampling System (NASS) terhadap kecelakaan yang terjadi di Amerika Serikat sepanjang tahun 2000 – 2012. Lembaga itu meneliti 56.000 kasus kecelakaan lalu-lintas yang terjadi di Negeri Abang Sam, hasilnya menunjukan 3 dari 10 kecelakaan yang terjadi adalah  kecelakaan beruntun. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This