Kia Indonesia Bantah Telah Berhenti Operasi

Kia Indonesia Bantah Telah Berhenti Operasi
Ilustrasi, salah satu varian terbaru Kia Rio GT Line yang meluncur di Geneva Motor Show, Maret 2018 - dok.netcarshow.com

Jakarta, Motoris – PT Kia Mobil Indonesia (KMI) selaku agen pemegang merek Kia di Indonesia membantah kabar yang menyebut berhentinya operasi di Tanah Air menyusul sepinya penjualan. Sampai saat ini operasional di kantor pusat KMI masih berjalan seperti biasa.

“KMI berhenti operasi? Tidak benar kabar tersebut. Kantor pusat kami (KMI) masih menjalankan aktivitas pekerjaan seperti biasa. Tidak ada perubahan apapun,” papar General Manager KMI, Ridjal Mulyadi, saat dihubungi Motoris di Jakarta, Jumat (1/2/2019) pagi.

Ridjal juga memastikan pihaknya masih memiliki komitmen yang besar untuk melayani dan memenuhi keinginan masyarakat Indonesia yang berniat mendapatkan mobil-mobil besutan Kia Motors. Meski, untuk saat ini, memang belum ada rencana untuk meluncurkan model anyar.

“Belum bisa disampaikan soal rencana untuk peluncuran model baru,” kata dia.

Sebelumnya, di media sosial muncul kabar KMI telah menutup sejumlah dilernya, menyusul sepinya penjualan sejak beberapa tahun terakhir. Kabar itu menyebutkan, setelah diler di Tebet, Jakarta Selatan, Kia juga menutup diler di Sunter, Jakarta Utara.

Kia Sedona, salah satu model Kia yang dipasarkan Kia Mobil Indonesia – dok.Istimewa

Soal tutupnya diler, Ridjal tak menampik. Namun, yang perlu dicatat, kata dia, kepemilikan diler bukanlah oleh KMI, melainkan investor mitra KMI. Sehingga, apa pertimbangan mereka tutup juga tidak diketahui secara persis.

“Mungkin kalau diler iya, ada beberapa yang menghentikan operasi. Ada di antara mereka yang hanya melayani servis dan perawatan saja ,” ucap Ridjal.

Sementara itu, untuk melacak rekam jejak penjualan mobil-mobil Kia di Indonesia juga menemukan kesulitan. Pasalnya, di data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang terbaru tidak terdapat laporan penjualan Kia Indonesia.

Data yang sempat terekam Motoris adalah kegiatan penjualan sepanjang Januari-April 2018 lalu. Dalam rentang waktu itu penjualan dari pabrik ke diler tercatat sebanyak 122 unit. Jumlah ini menurun tajam dari periode sama di tahun 2017 yang sebanyak 307 unit. Penjualan di tahun ini sejatinya juga sudah ambles dibanding Januari-April 2016 yang sebanyak 487 unit.

Sementara, penggelontoran model terbaru yang dilakukan KMI terjadi pada Juli 2018 lalu, yakni dengan meluncurkan SUV Grand Kia Sedona bermesin diesel. Varian diesel ini menyusul  saudaranya – Sedona bermesin bensin- yang diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This