Merek Asal Cina FAW, Terus Merangsek Pasar Truk

Merek Asal Cina FAW, Terus Merangsek Pasar Truk
Ilustrasi, FAW Indonesia memberikan jaminan suku cadang dan pelatihan mekanik kepada perusahaan pembelinya - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Truk-truk buatan pabrikan asal Cina – FAW Group Corporation – yakni FAW yang dipasarkan oleh PT Gaya Makmur Mobil (GMM) sepanjang tahun 2018 lalu berhasil terus merangsek pasar kendaraan komersial khususnya truk di Indonesia. Truk-truk besutan pabrikan asal Changchun, Cina, itu penjualannya meningkat signifikan.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gakindo) menunjukan, di rentang waktu 12 bulan tahun lalu, truk FAW terjual 257 unit. Jumlah ini jelas mencuat dibanding penjualan tahun 2017 yang hanya 209 unit.

Menariknya, penjualan sepanjang tahun 2018 itu didominasi oleh truk berat dengan bobot kosong lebih dari 24 ton. Total penjualannya sebanyak 243 unit. Sementara truk dengan bobot 10-24 ton terjual 4 unit, dan truk berbobot 5-10 ton laku 10 unit.

Strategi pembdikan pasar yang ditetapkan GMM sebagai agen pemegang merek FAW di Indonesia sepertinya cespleng. Pabrikan ini terus memperluas bidkan ke berbagai segmen. Setelah ke sektor perkebunan, pertambangan, dan konstruksi, sektor logistik dan perdagangan juga digarap.

Tractorhead FAW diperkenalkan di GIIAS 2018 – dok.Motoris

Tahun 2018 lalu di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, GMM memang yakni FAW Light Truck 4X4/130HP dan FAW Tractor Head 6X4/350HP. Keduanya, merupakan amunisi baru FAW di Indonesia setelah melihat besarnya potensi yang bisa digarap, yaki perkebunan, pertambangan, dan konstruksi.

“Kami melihat dari hari ke hari perkembangan sektor pertambangan dan perkebunan terus membaik. Sektor ini tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan pasar komoditas di pasar global. Sementara, program pemerintah untuk membangun jalan tol, sepertinya akan terus berlanjut,” papar Presiden Direktur PT GMM, Robert Lie, kala itu.

Sebelumnya, ua tahun sebelumnya, di hajatan GIIAS 2016, GMM menggelontorkan dua truk andalan baru yakni FAW HD310CG – 8×4 dan FAW FD240CG 6×2. Sambutan cukup memuaskan, terbukti dengan total penjualan di tahun 2017.

Truk-truk  FAW yang dijajakan GMM selain didatangkan secara utuh dari Cina juga ada yang dirakit di dalam negeri Indonesia. Walhasil, harga truk rakitan lokal ini mampu bersaing dengan truk-truk produksi merek pesaing.

GMM membuat strategi penjualan dengan uang muka ringan bagi yang membeli secara kredit. Berbagai program promosi digelar. Selain itu pengembangan jaringan penjualan juga terus diperluas.

Varian truk FAW dipamerkan di GIIAS 2018 – dok.Motoris

Saat ini service poin yang dimiliki sudah berada di Sumatera dengan sebaran di Medan, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Pelembang, Lampung. Kemudian di Pulau Jawa berada di Bekasi, Purwakarta, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Tasikmalaya, Semarang, Pati, Solo, dan Surabaya.

Sementara di Kalimantan Selatan ada di Banjarmasin. Di Kalimantan Tengah ada di Palangkaraya, di Kalimantan Timur berada di Balikpapan dan Samarinda. Selain itu di Sulawesi dan beberapa wilayah lainnya. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This