Geber Kinerja, Toyota Indonesia Bidik Australia

Geber Kinerja, Toyota Indonesia Bidik Australia
Proses Scanning Toyota Fortuner sebelum diekspor - dok.TMMIN

Jakarta, Motoris – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) tahun ini mematok target ekspor mobil secara utuh (CBU) naik 5% dari tahun 2018 lalu yang sebanyak 206.600 unit. Untuk mewujudkannya, TMMIN terus memperluas tujuan ekspor termasuk ke Australia.

“Studi-studi untuk mempelajari destinasi ekspor baru termasuk ke Australia masih terus kami lakukan. Tetapi, kami juga berupaya tetap fokus menjaga kestabilan performa ekspor di negara baru tujuan ekspansi tahun 2018 yang lalu seperti Afrika dan Amerika Latin ” tutur Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono, dalam keterangan resmi, Jumat (1/2/2019).

Warih mengatakan, semua kendaraan CBU yang diekspor ke berbagai negara itu merupakan produksi lokal. Tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mereka 75-94%. Kendaran-kendaraan itu dikirim ke 80 negara lebih, yang berada di Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, serta Timur Tengah.

Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN, Bob Azam, menyebut pihaknya menyadari kondisi perekonomian global yang terjadi saat ini merupakan tantangan tersendiri bagi Toyota. Lantaran itulah, kata dia, meningkatkan daya saing merupakan kata kunci untuk memenangi persaingan.

Toyota Innova yang diekspor – dok.TMMINToyota Innova yang diekspor – dok.TMMIN

“Tidak ada jalan lagi selain meningkatkan competitiveness industri dalam negeri dari hulu hingga ke hilir. Itu untuk mempertahankan Indonesia sebagai salah satu basis produksi dan ekspor di kawasan Asia-Pasifik,” papar dia.

Menurutnya, meningkatkan kandungan lokal murni dengan mulai dari bahan baku menjadi upaya yang fundamental untuk menjaga daya saing tersebut. Saat ini, kata Bob, TMMIN bersama Inalum dan Pako, tengah melakukan riset dan pengembangan penggunaan aluminium lokal untuk dipergunakan pada wheel disc.

“TKDN murni produk Toyota saat ini 65% dan ke depannya ditragetkan mencapai level 80 persen pada tahun 2020,” terang Bob. (Ara)

 

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This