Donald Trump Berulah, Harley Davidson Terjerat Masalah

Donald Trump Berulah, Harley Davidson Terjerat Masalah
Harley Davidson FXDR 114 adalah model terbaru di jajaran keluarga HD Softail

Wisconsin, Motoris – Kebijakan Presiden Amerika Serikat yang menghadang impor baja yang menjadi bahan baku untuk produksi motor gede (Moge) Harley Davidson telah ‘mencekik’ pabrikan asal Milwaukee, Wisconsin, itu. Terlebih, Trumph juga tegas-tegas menyatakan agar pengguna Moge tersebut memboikot model anyar Harley Davidson yang dibuat di Eropa.

Akibat ulah Trump inilah, penjualan moge terus merosot. Tak hanya itu. Keuntungan yang dibukukan pun nihil alias kosong melompong.

Seperti dilansir The Economic Times dan The Street, Jumat (1/2/2019), manajemen pabrikan itu mengumumkan sepanjang kuartal keempat 2018 kemarin pihaknya tak membukukan laba. Penjualan di kampungnya sediri – Amerika Serikat – terus mengempis hingga 10%.

Begitu pun di pasar global. Di periode itu, penjualan menciut hingga hampit 7% dibanding rentang waktu Juli-September. “Kinerja ini merupakan yang terburuk untuk kedelapan kalinya – dalam kuartalan – sejak dua tahun terakhir,” kata analis di bursa saham Wallstreet.

Wanita pengendara moge Harley Davidson – dok.Sturgis

Secara keseluruhan pendapatan Harley saban kuartal melorot hingga US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun. Maklum, ongkos produksi semakin mahal karena biaya impor baja naik, sedangkan penjualan ambles.

Sebelumnya, seperti dilaporkan Reuters pada Agustus 2018 lalu, saat bertemu dengan 180 bikers Harley Davidson di lapangan golf Bedminster, New Jersey, dengan sinis Donald Trump mengatakan biarlah Harley memindahkan lokasi produksi di Eropa. Toh, lanjut Trump, banyak pabrikan moge yang ingin menjual produknya di Amerika Serikat.

“Banyak pengguna @harleydavidson berencana untuk memboikot perusahaan bila pabrik manufakturnya pindah ke luar negeri. Bagus!,” tulis Trump melalui akun twitternya @realDonaldTrump pada Minggu (12/8/2018) waktu setempat.

Harley Davidson Touring Electra Glide Ultra Limited – dok.Istimewa

Omongan Trump terbukti. Banyak merek moge yang datang ke negetinya dengan harga yang lebih terjangkau diserbu para peminat pemula. Begitu pun di negeri-negeri lain. Walhasil, Harley pun terjepit. Dia terjerat masalah, penjualan tersendat dan ongkos produksi berlipat. Semua gegara ulah Donald Trump yang bermusuhan dengan Eropa dan mengobarkan perang dagang dengan Cina. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This