Kontes Truk Ganteng Tahun Ini Digelar di Pontianak

Kontes Truk Ganteng Tahun Ini Digelar di Pontianak
Ilustrasi truk asal Pontianak yang menjadi salah satu juara di JTF 2018 lalu - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Hajatan festival truk modifikasi yang biasa digelar di Yogyakarta atau Jogjakarta Truk Festival (JTF) tahun ini tak digelar, dan sebagai gantinya panitia berniat menggelar hajatan serupa di Pontianak Kalimantan Barat. Memacu gairah industri terkait modifikasi serta pariwisata daerah menjadi tujuannya.

“Tahun ini JTF absen dulu. Tetapi, kami berencana untuk menggelar kegiatan serupa di Pontianak, Kalimantan Barat. Tentu konsepnya mirip, dengan tujuan untuk membangkitkan ekonomi daerah, membangun kreatifitas teman-teman pemilik dan penggemar truk, sekaligus memacu industri pendukungnya,” papar Ketua Umum Komunitas Truk Cakep Indonesia (KTCI), Herry Irmayesi – selaku penyelenggara – kepada Motoris melalui pesan elektronik, Selasa (4/2/2019).

Menurutnya, Pontianak secara geografis berada di tengah-tengah. Sebagai dearah yang memiliki berbagai sumberdaya alam, kendaraan komersial truk dan pikap di wilayah ini juga cukup banyak.

Truk modifikasi asal Pontianak Kalimantan Barat – dok.Istimewa

Lebih dari itu, kata Herry, kreatifitas dari para pemilik kendaraan itu juga tinggi dalam mendandani kendaraan miliknya. Lantaran itulah, kreatifitas tersebut perlu disalurkan dan diarahkan sehingga membawa dampak ekonomi yang besar.

“Dan satu hal lagi, dengan hajatan ini diharapkan persatuan, silaturahmi, dan rasa kekeluargaan di antara pemilik kendaraan juga semakin kuat,” imbuhnya.

Ilustrasi truk modifikasi dengan dandanan khas – dok.Herry Irmayesi, Komunitas Truk Cakep Indonesia

Hanya, Herry belum bisa menjelaskan berapa peserta yang bakal ikut dalam hajatan itu. Saat ini rencana tersebut masih dalam proses pembahasan. Tetapi untuk kategori tidak ada yang ekstrim, melainkan modifikasi ringan harian sehingga truk masih bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Selain seni lukis bak, juga ada cutting sticker, audio, serta variasi interior. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This