Marc Marquez: Cara AHM Membangun Loyalitas dan Mimpi Konsumen

Marc Marquez: Cara AHM Membangun Loyalitas dan Mimpi Konsumen
Marc Marquez di atas Bandros berkeliling kota Bandung dan diikuti 100 orang bikers anggota komuntas motor Honda di Jawa Barat, Sabtu 9 Februari 2019 - dok.AHM

Bandung, Motoris – PT Astra Honda Motor (AHM) kembali mendatangkan juara dunia Moto GP lima kali yang juga pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, ke Indonesia, 9-10 Fenruari 2019. Kehadiran kali ini – yang dipusatkan di kota Bandung Jawa Barat – itu tak hanya menjadi sarana apresiasi kepada konsumen Honda yang menggemari balap Moto GP semata tetapi juga menjadi sarana ampuh merawat loyalitas pelanggan.

“Kehadiran Marc Marquez di Indonesia khususnya di Bandung, kali ini, merupakan apresiasi kami kepada masyarakat yang antusias terhadap balap Moto GP dan konsumen Honda khususnya, serta sekaligus menjadi pemacu semangat bagi kalangan muda untuk membangun mimpi, mewujudkan mimpi menjadi juara di dunia balap seperti Marquez,” papar Vice President Director PT AHM, Johannes Loman, yang ditemui usai konferensi pers, di Hotel Harris, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/2/2019).

Indonesia, Lanjut Loman, merupakan pasar sepeda motor terbesar ketiga di dunia setelah Cina dan India. Sedangkan Honda tercatat sebagai pemimpin di pasar kendaraan bermotor roda dua di Tanah Air.

Di Indonesia pula, lanjut Loman, penggemar olah raga balap Moto GP sangat banyak. Fanatisme para penggemar balap ini bahkan memunculkan mimpi dan semangat di kalangan anak-anak muda untuk bisa menjadi pembalap idola mereka, terutama Marc Marquez.

Marc Marquez saat konferensi pers bersama manajemen PT Astra Honda Motor dan manajemen Tim Honda Reposol – dok,Motoris

“Sehingga, dengan kehadiran Marquez ini diharapkan juga semakin menginspirasi mereka (konsumen pecinta balap) untuk bisa bereprestasi seperti pembalap idola mereka dan pada akhirnya memberi kontribusi positif kepada bangsa dan negara melalui olah raga balap,” ungkap Loman.

Loyalitas dan penjualan
Senada dengan Loman, Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya yang ditemui di tempat yang sama mengatakan kehadiran Marquez juga sekaligus merawat ingatan di benak masyarakat terhadap keunggulan teknologi Honda. Kemenangan demi kemenangan yang diraih Marquez di laga Moto GP selama ini, sebut Thomas, selain ditopang kemampuan manajemen tim balap dan keandalan tim mekanik, juga ditentukan oleh keunggulan teknologi.

“Tentu dengan teknologi yang unggul di merek motor Honda yang mereka miliki akan menjadikan konsumen itu mempunyai kebanggaan tersendiri. Apalagi, pembalap yang mereka idolakan juga hadir di Indonsia,” kata Thomas.

Kebanggaan yang terawat dan terarah dengan baik, akan menumbuhkan loyalitas masyarakat terhadap merek Honda, Terlebih, jika dalam pembelian produk, mereka juga mendapatkan layanan purna jual yang sangat prima.

Anggota komunitas motor Honda yang setia mengikuti Marc Marquez saat berkeliling kota Bandung, berkumpul di gedung Sate – dok.Motoris

“Jadi, tentu dengan hadirnya juara dunia balap Moto GP dari tim Honda Repsol, kemudian adanya tim balap Honda yakni Astra Honda Racing Team, memang tidak serta merta akan berdampak ke pemasaran, atau penjualan misalnya. Tetapi, dalam jangka panjang atau secara tidak langsung ada dampaknya. Ini kan sifatnya kualitatif,” terang Thomas.

Bukti citra merek
Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala yang dihubungi Motoris tak menampik pernyataan Thomas. “Karena kegiatan ini sebenarnya memenuhi harapan konsumen yang secara naluriah dalam membeli produk selalu berharap mendapatkan produk berkualitas tinggi, membanggakan atau prestisius, sekaligus mendapatkan kepuasan plus bonus lain yakni produknya menjadi juara di dunia,” tutur Sigit, Sabtu (9/2/2019).

Dengan rangkaian kegiatan yang dilakukan Honda atau AHM bersama Marquez, kata Sigit, tentu akan berdampak kuat terhadap citra merek Honda di mata masyarakat. Dengan prestasi Marquez yang berhasil menggondol gelar juara dunia balap MotoGP lima kali, tak hanya menjadi bukti keunggulan teknologi.

“Masyarakat juga mendapatkan hiburan, karena juara dunia datang. Ini tentu juga berdampak ke brand image (citra merek), Dan brand image itu menjadi first impression bagi konsumen ketika akan membeli sebuah produk. Honda ingin membuktikan itu dengan serangkaian kegiatan bersama Marquez sepertinya,” terang Sigit.

Marc Marquez saat tiba di Gedung Sate setelah berkeliling kota Bandung dengan Bandros – dok.Motoris

Selama di Bandung, Marquez memiliki serangkaian acara. Antara lain, pada Sabtu (9/2/2019) dia berkeliling kota Bandung dengan menggunakan transportasi khas kota itu – Bandros – dan diikuti 100 bikers Honda. Kemudian, meet and greet di Mall Trans Studio. Setelahnya, Minggu (10/2/2019) dia berkunjung ke padepokan angklung Saung Mang Udjo. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This