Penjualan Mobil di Januari Ambles 15,3%, Astra Terbantu Isuzu

Penjualan Mobil di Januari Ambles 15,3%, Astra Terbantu Isuzu
ILustrasi mobil besutan Toyota, Toyota Avanza Veloz versi terbaru - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Penjualan mobil di Indonesia sepanjang Januari lalu tercatat sebanyak 81.218 unit atau menyusut 15,3% dibanding bulan yang sama di tahun 2018 dimana hampir semua agen pemegang merek membukukan penurunan. Penurunan tak hanya dibukukan di merek-merek yang beranung di bawah Grup Astra saja, tetapi juga di luar kelompok itu.

“Ini kejadian yang normal saja, karena hampir setiap Januari terjadi. Karena  di bulan-bulan akhir pada tahun sebelumnya (November-Desember) penjualan naik karena ada berbagai program promo yang digelar diler. Selain itu, kan banyak orang liburan juga. Ini biasa,” tutur Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto, saat dihubungi di Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Data Gaikindo menunjukan, penjualan geng Astra – yang terdiri dari Toyota, Daihatsu, Isuzu, dan Peugeot – tercatat sebanyak 42.204 unit. Padahal di Januari tahun 2018 lalu, geng ini bisa melego 45.760 unit.

Rinciannya, penjualan Toyota  tercatat 25.092 unit atau turun dari Januari 2018 yang sebanyak 25.410 unit. Kemudian penjualan Daihatsu sebanyak 14.769 unit atau turun dibanding bulan sama tahun lalu yang sebanyak 18.788 unit.

Ilustrasi salah satu kendaraan andalan Isuzu Astra Motor Indonesia yakni Isuzu Elf NMR 80SHD saat diperkenakan di GIIAS 2018 – dok.Motoris

Namun, Grup Astra terhibur dengan penjualan Isuzu yang naik dari 1.561 unit di tahun menjadi 2.343 unit di tahun ini.  Begitu pun dengan penjualan Peugeot yang tahun lalu nihil, tahun ini menjadi satu unit.

Soal kinerja penjualan di Januari 2019 itu, Public Relation Manager PT Toyota Astra Motor, Rouli Sijabat menyebutnya dinamika biasa. Pasalnya, kata dia, besaran tersebut masih di rentang besaran penjualan rata-rata di  bulan pertama saban tahunnya.

“Angka (penjualan) Januari itu relatif stabil di angka 25.000-an unit,” kata dia saat dihubungi Kamis (14/2/2019) malam.

Penjualan masih belum sesemarak bulan-bulan sebelumnya, karena Toyota Avanza versi anyar dipasok dari pabrik baru setengah bulan sebelumnya. Padahal, low MPV itu selama ini menjadi ‘lokomotif’ penjualan Toyota.

Longsor di non Astra

Sementara di luar grup Astra penurunan juga dicatatkan semua merek. Mitsubishi misalnya, membukukan penurunan penjualan dari 17.753 unit di Januari 2018 menjadi 16.383 unit di Januari 2019.

Honda juga membukukan kinerja serupa. Kinerja penjualan mobil-mobil Honda yang dijajakan PT Honda Prospect Motor melorot dari tahun lalu, jika di Januari 2018 masih sebanyak 13.572 unit, di Januari tahun ini menjadi 10.064 unit.Kinerja Suzuki setali tiga uang.

Sepanjang Januari 2018, merek berlambang huruf “S” itu tahun lalu mencatatkan penjualan sebanyak 11.511 unit, di Januari tahun ini hanya 8.271 unit.Namun penurunan terparah dibukukan Nissan.

New Nissan Terra yang diluncurkan di GIIAS 2018. salah satu model andalan Nissan Motor Indonesial – dok.Motoris

PT Nissan Motor Indonesia Januari tahun ini hanya membukukan penjualan sebanyak 387 unit. Padahal, pada Januari 2018 penjualan masih sebanyak 1.189 unit.(Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This