Lemot “Recall” Mobil, Kantor Hyundai Digerebek Aparat

Lemot “Recall” Mobil, Kantor Hyundai Digerebek Aparat
Ilustrasi, salah satu mobil produksi Hyundai Motors Company, Hyundai Tucson N- dok.Practical Motoring

Seoul, Motoris – Aparat Kejaksaan Korea Selatan, Rabu (20/2/2019) kemarin menggerebek kantor divisi kualitas produk Hyundai Motors Company  di Seoul, Korea Selatan. Penggerebekan tersebut dalam rangka penyelidikan terhadap Hyundai dan perusahaan yang berafiliasi dengannya – Kia Motors Corporation – terkait sikap keduanya dalam penarikan produk yang diindikasikan cacat.

Seperti dilaporkan Reuters dan Yonhap, Kamis (21/2/2019), pada tahun 2017 lalu , salah satu organisasi swadaya masyarakat di Korea Selatan  – YMCA – mengajukan laporan soal  permasalahan mesin di sejumlah produk Hyundai dan Kia kepada Kejaksaan. Namun, pabrikan tersebut menunda-nunda perbaikan bahkan terkesan ogah-ogahan melakukannya.

Padahal, seperti alasan yang disampaikan YMCA, akibat kerusakan mesin tersebut telah terjadi penarikan produk secara besar-besaran  di Korea maupun Amerika Serikat. Bahkan, Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi juga sudah menginstruksikan agar ada penyelidikan terhadap Hyundai dan Kia pada Mei 2017.

Ilustrasi, salah satu mobil KIa yakni Kia Sportage versi terbaru atau model 2020 yang diluncurkan ke pasar global dengan sasaran pertama konsumen di Amerika Serikat – dok.Autoevolution

Keduanya dituding telah menyembunyikan cacat suku cadang di 12 model mobil yang diindikasikan bermasalah. Kementerian pun memerintahkan penarikan 238.000 kendaraan yang terkait masalah itu. Namun, baik Hyundai maupun Kia membantah tuduhan itu.

Hyundai dan Kia dikabarkan juga tengah diselidiki lembaga keselamatan jalan raya  dan kejaksaan Amerika Serikat.  Hal ini terkait dengan dugaan kerusakaan mesin di hampir 1,7 juta unit mobil besutan dua pabrikan itu. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This