Toyota Tak Mengenal Segmen LMPV 1.500 Cc

Toyota Tak Mengenal Segmen LMPV 1.500 Cc
Toyota Avanza versi terbaru yang diluncurkan 15 Januari 2019 - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Mitsubishi menegaskan Xpander merajai segmen LMPV 1.500 cc tahun lalu, mengalahkan Toyota Avanza Veloz, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Nissan Grand Livina hingga Wuling Confero. Di segmen yang digagas Mitsubishi itu, pangsa pasar Xpander mencapai 44% dengan penjualan 77 ribu unit pada 2018.

Adapun Veloz cuma 11%, Ertiga 18,6%, dan Mobilio 14,8%. Ini sudut pandang yang ditonjolkan Mitsubishi.

Sayangnya, Toyota tak mengenal segmen LMPV 1,5 liter. Bagi Toyota, LMPV lebih dilihat dari harga, kapasitas, dan ukuran bodi.

“Segmentasi itu sebenarnya hanya ciptaan agen pemegang merek. Kami tidak melihat sampai ke situ. Bagi kami, kami coba pasok kebutuhan konsumen,” ujar Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandi di Tangerang, Banten, belum lama ini.

Memang, jika melihat secara keseluruhan, Avanza menang dari Xpander tahun lalu dengan penjualan 82 ribu unit. Anton tak risau dengan keunggulan Xpander di segmen LMPV Januari 2019. Sebab, Toyota melihat penjualan secara semesteran dan tahunan, bukan bulanan.

Toyota Avanza Veloz facelift- dok.Motoris

Toyota, demikian Anton, juga tak mau memaksakan suplai berlebih ke diler karena bakal merugikan konsumen. Diler juga dirugikan karena margin menipis akibat diskon gede-gedean.

Januari 2019, Mitsubishi Xpander memang merajai segmen LMPV dengan penjualan 5.708 unit, sedangkan rival utamanya Toyota Avanza 5.500 unit. Anton memprediksi suplai ke dealer bertambah menjadi 6.000 unit bulan ini dan di atas 7.000 unit pada Maret. (Gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This