Nanti, Buka-Kunci Mobil Hyundai Cukup Pakai Ponsel

Nanti, Buka-Kunci Mobil Hyundai Cukup Pakai Ponsel
Ilustrasi kunci digital mobil Hyundai melalui smartphone - dok.Mediapost

Seoul, Motoris – Hyundai Motors Company terus mengembangkan kegunaan teknologi digital secara maksimal di mobil dalam rangka memberikan kemudahan kepada para pengguna kendaraan. Perkembangan terbaru, pabrikan ini mengembangkan kunci digital berbasis smartphone – yang dapat membuka atau mengunci pintu mobil – cukup melalui aplikasi di ponsel tanpa kunci fisik atau FOB.

Pernyataan Hyundai yang dilansir USA Today dan Media Post, Senin (4/3/2019) mengyebut, teknologi itu bakal digunakan di mobil-mobil besutan Hyundai dan Kia pada tahun depan. Hyundai mengklaim teknologi tersebut bertujuan meningkatkan kenyamanan pengguna mobil di era “berbagi kendaraan” atau Ride Sharing yang kini marak di berbagai penjuru bumi.

“Teknologi kunci digital ini merupakan langkah pertama dari Hyundai untuk mengembangkan teknologi konektivitas antara kendaraan dan smartphone,” tutur pejabat perusahaan kepada kantor berita Yonhap

Kunci digital ini dapat diterapkan ke telepon pintar. Sedangkan teknologi Near Field Communication (NFC) mendeteksi keberadaan kunci digital yang diotorisasi. Antena NFC ada di pegangan pengemudi.

Ilustrasi, salah satu varian mobil Hyundai, Tucson N – dok.Autoexpress

Selain untuk mengunci atau membuka pintu, teknologi digital berbasis ponsel pintar ini juga memiliki fungsi-fungsi tambahan melalui koneksi Bluetooth. Hyundai juga menambahkan, melalui teknologi tersebut maka pemilik mobil – yang lupa mengunci pintu kendaraannya – dapat mengunci pintu dari jarak jauh. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This