Pasca Skandal Ghosn: Renault, Nissan, dan Mitsubishi Bahas Aliansi

Pasca Skandal Ghosn: Renault, Nissan, dan Mitsubishi Bahas Aliansi
Ilustrasi aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi dan Caros Ghosn- dok, Nikkei

Paris, Motoris – Setelah ditangkapnya Chief Executive Officer (CEO) Renault yang sekaligus Chairman Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, Carlos Ghosn oleh aparat kejaksaan Tokyo beberapa waktu lalu, hubungan antara pabrikan asal Prancis dengan para mitranya itu dikabarkan sempat “merenggang”. Namun, kini ketiganya tengah melakukan pengenduran ketegangan tersebut.

Seperti dilaporkan Reuters, Selasa (12/3/2019), Renault telah melakukan pembicaraan serius dengan para mitranya itu untuk membahas badan aliansi baru di antara mereka. Langkah ini, sebut Renault, dilakukan untuk memastikan masa depan kongsi di antara mereka.

Terlebih, media internasional telah mengabarkan hubungan mereka merenggang, menyusul pengungkapan skandal Carlos Ghosn. “Menanggapi laporan pers baru-baru ini, Renault mengkonfirmasi sedang dalam diskusi dengan mitra aliansi Nissan Motor Company dan Mitsubishi Motor Corporation mengenai pembentukan badan aliansi baru untuk meningkatkan dan memastikan kolaborasi lebih lanjut,” bunyi pernyataan Renault.

Bos Nissan-Renault bersalaman dengan CEO Mitsubishi Motors Corporation usai penandatangan kerjasama Nissan-Mitsubishi – dok.NissanNews.com

Pengaturan aliansi baru di antara mereka yang akan dibahas itu dipastikan tidak akan berdampak pada Restated Alliance Master Agreement atau kesepakatan awal aliansi yang mereka sepakati sebelumnya.

“Begitu pula dengan struktur lintas-kepemilikan saham, yang keduanya akan tetap ada,” sebut Renault. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This