Toyota Bikin Teknologi Baru Anti Maling Mobil

Toyota Bikin Teknologi Baru Anti Maling Mobil
Ilustrasi aksi pencuri yang hendak membobol mobil - dok.Kount

California, Motoris – Toyota Motors di Amerika Serikat membuat terobosan baru dalam hal pengamanan mobil-mobil buatannya dari aksi para pencuri. Toyota telah mendaftarkan paten teknologi dispenser gas air mata yang menyembur di saat mobil hendak “diutak-atik” orang tak dikenal.

Seperti dilaporkan laman Foxnews dan CNET, Sabtu (16/3/2019), dispenser tersebut dirancang seperti dispenser parfum pengharum ruangan. Sistem tersebut terhubung ke mobile data terminal. Sistem ini untuk mengenali siala-siapa saja yang bisa menggunakan atau sering berada di mobil tersebut.

Data-data itu terekam dan menjadi acuan pengenalan ketika ada orang hendak masuk , terlebih masuk secara paksa ke mobil. Sehingga jika tidak dikenali dan menggunakan cara yang tak lazim, maka sistem akan memerintahkan dispenser menyembutkan gas air mata.

Namun, dalam kondisi seperti biasa, dispenser juga menjalankan fungsinya dalam menyemburkan parfum. Artinya, dispenser tersebut memiliki fungsi ganda, pertama sebagai penyembur parfum pengharum ruang. Kedua, dalam kondisi darurat sebagai penyembur gas air mata untuk mengamankan mobil dari aksi pencurian.

Sketsa sistem dispenser gas air mata yang dipatenkan ke USPTO oleh Toyota – dok.Jalopnik

“Para insinyur Toyota sengaja membuat ispenser memiliki fungsi ganda itu untuk menyamarkan perangkat pengaman itu. Sehingga mereka yang hendak berbuat kejahatan tak menyangka aksi mereka bakal terkena batunya,” tutur seorang pejabat United State Patent & Trademark Office (USTPO).

Toyota telah mendaftarkan hak paten itu ke USTPO, Pabrikan asal Jepang itu juga dikabarkan bakal menyematkan teknologi tersebut ke mobil-mobil terbaru buatannya. Hanya, mulai kapan hal itu dilakukan dan mobil apa saja yang bakal mendapatkannya hingga kini belum ada penjelasan. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This