Dua Bulan Pasar Low MPV Ambrol, Mobilio dan Ertiga Terdinamis

Dua Bulan Pasar Low MPV Ambrol, Mobilio dan Ertiga Terdinamis
Ilustrasi, Suzuki All New Ertiga - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Penjualan – baik secara wholesales maupun ritail – kendaraan bermotor roda empat kelas Low Multipurpose Vehicle (Low MPV) di dua bulan pertama tahun ini (Januari hingga Februari) tahun ini ambrol 24, 38% dibanding 2018.  Di dua bulan itu, Low MPV – semua merek pemain di segmen pasar ini – terdistribusi sebanyak 35.020 unit.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, penjualan  mobil di dua bulan pertama itu memang susut. Secara wholesales hanya sebanyak 163.675 unit atau menciut 14% dibanding tahun 2018.

Sedangkan penjualan ritel  di rentang waktu itu tercatat sebanyak 168.519 unit. Jumlah tersebut susut 8,9% dibanding tahun sebelumnya. Artinya, ambrolnya penjualan Low MPV jauh lebih besar ketimbang ambrolnya pasar secara keseluruhan.

Namun, jika dicermati segmen pasar di low MPV ini paling dinamis. Maklum, segmen ini menjadi segmen paling besar dibanding segmen pasar lainnya atau segmen varian lainnya.

Mitsubishi Xpander – dok.MMKSI

Selain pertarungan Toyota Avanza dengan Mitsubishi Xpander yang saling salip, juga ada lompatan-lompatan penjualan yang signifikan. Pada Januari misalnya, segmen ini didominasi oleh Mitsubishi Xpander dengan total wholesales 5.708 unit.

Sedangkan Avanza membukukan penjualan 5.568 unit.  Namun, di bulan berikutnya atau Februari, kondisi berbalik. Avanza  terjual 5.700 unitm sedangkan  Xpander membukukan penjualan sebanyak 5.332 unit.

Walhasil, dalam dua bulan – secara kumulatif – Penjualan Avanza 11.268 unit. Sedangkan Xpander 11.040 unit. Namun, ini belumlah final, karena masih ada 10 bulan dengan berbagai kondisi yang menyertai calon pembeli di rentang waktu tersebut..

Fenomena lain yang juga menarik dicermati di segmen Low MPV selama dua bulan itu adalah lompatan penjualan Suzuki Ertiga. Jika di Januari andalan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ini masih terjual (wholesales) sebanyak 894 unit, di Februari meroket menjadi 2.055 unit.

Honda Mobilio versi baru diluncurkan di Jakarta, 21 Februari 2019 – dok.Motoris

Total penjualan Ertiga di dua bulan tersebut 2.949 unit. Dia berada di urutan ketiga dalam daftar penjualan Low MPV di rentang Januari-Februari.

Tetapi lompatan yang spektakuler dicatatkan Honda Mobilio. Jika pada Januari hanya terjual 32 unit, di Februari telah mencapai 2.026 unit, sehingga dalam dua bulan itu, Mobilio ini mengantongi total penjualan 2.058 unit. Wajar, versi anyar Low MPV Honda ini meluncur pada Februari. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This