Toyota Naksir Berat Ertiga, Rela Kasih Sistem Hybrid ke Suzuki

Toyota Naksir Berat Ertiga, Rela Kasih Sistem Hybrid ke Suzuki
Ilustrasi, All New Ertiga - dok.Istimewa

London, Motoris – Toyota dan Suzuki kembali menjalin kemitraan strategis di tingkat dunia. Skemanya masih sama seperti di India yang disusun tahun lalu, yakni produksi silang.

Kali ini, Toyota bakal memproduksi mobil hybrid berlambang Suzuki di Inggris, sedangkan Suzuki memasok Ertiga dan Ciaz berlogo Toyota di India. Kerja sama ini dinilai menguntungkan dua pabrikan otomotif Jepang itu.

Kita tahu, Toyota jago membuat mobil hybrid karena sudah main barang ini selama puluhan tahun. Selama ini, banyak pabrikan kesulitan membuat mobil elektrifikasi, apalagi swakemudi yang tengah digarap Toyota. Apalagi, sekelas Suzuki yang cuma jago bikin mobil kecil murah.

Sementara itu, Suzuki merajai India lantaran lihai memproduksi mobil kecil. Alhasil, Suzuki menguasai pasar India yang tumbuh pesat, sedangkan mitranya susah berkembang di segmen mobil kecil.

Seperti dilansir The Guardian, Rabu (20/3), mobil hybrid Suzuki bakal berbasis Corolla dan RAV4 yang diproduksi di pabrik Burnaston, Derbyshire, Inggris. Mobil ini akan dipasarkan di Eropa.

Tampilan depan Toyota RAV4 TRD Off-Road mencuatkan kesan lebih perkasa – dok.Motor1.com

“Kami percaya ekspansi kemitraan dengan Suzuki akan membantu mengangkat daya saing kami,” ujar bos besar Toyota Akio Toyoda, dalam keterangan resmi.

Suzuki dan Toyota akan memperdalam kemitraan di India. Di negara itu, nantinya mobil hybrid Suzuki bakal memakai mesin dan baterai Toyota.

Suzuji juga akan memproduksi Baleno, Vitara Brezza, Ciaz, dan Ertiga berlogo Toyota untuk pasar Afrika. (Gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This