Sering Terbakar, AS Selidiki Hyundai Santa Fe dan Kia Sorento

Sering Terbakar, AS Selidiki Hyundai Santa Fe dan Kia Sorento
Hyundai Santa Fe model 2014 - dok.MotorTrend

Washington, Motoris – Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat melakukan investigasi terhadap dua merek – Kia dan Hyundai – setelah sejumlah model buatan mereka kerap mengalami kebakaran yang mengakibatkan satu orang tewas dan 103 lainnya cidera. Kasus itu sebelumnya telah dilaporkan Pusat Keamanan Otomotif (CAS).

Seperti dilaporkan laman consumerreports dan AFP, Selasa (2/4/2019), proses investigasi itu diumumkan NHTSA pada Senin (1/4/2019). “NHTSA telah menerima laporan yang mendokumentasikan kejadian kebakaran di mobil Hyundai sebanyak 1.181 laporan dan di mobil Kia 1.540 laporan,” bunyi pernyataan lembaga tersebut.

Laporan tersebut juga menyatakan ada satu kejadian yang mengakibatkan seorang tewas. Selain itu, 77 orang mengalami cidera saat kebakaran terjadi di mobil Hyundai dan 26 orang cidera saat terjadi kebakaran di mobil Kia.

NHTSA akan mencari kemungkinan adanya cacat yang ada di mobil-mobil itu sehingga memicu terjadinya kebakaran yang muncul di luar kasus tabrakan. Mobil-mobil yang mengalami kebarakan ini merupakan model tahun 2011 – 2014, dan jika dilakukan penarikan maka akan berdampak ke 1,3 juta mobil Hyundai dan 1,7 mobil Kia.

Kia Sorento model 2014 – dok.KIA

Model-model yang terbakar tersebut ditengarai menggunakan mesin yang samayakni Theta II. Hyundai dan Kia merupakan dua perusahaan asal Korea Selatan yang beroperasi dalam satu bendera grup, yakni Hyundai Group. Keduanya, juga diketahui berbagi komponen, teknologi, dan desain.

Selain Hyundai Santa Fe, mobil Hyundai yang dilaporkan kerap terbakar adalah Hyundai Sonata. Sedangkan mobil Kia yang disebut mengalami kebakaran dalam laporan itu selain Sorento adalah Kia Optima dan Soul.

Namun, hingga kini Hyundai belum memberikan penjelasan terkait dengan laporan dan rencana investigasi tersebut. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This