Tak Cuma Toyota, Yamaha Juga Bikin Mobil Hidrogen

Tak Cuma Toyota, Yamaha Juga Bikin Mobil Hidrogen
Konsep mobil Yamaha - dok.Istimewa

Iwata, Motoris – Pabrikan sepeda motor Yamaha, mulai menyusul Toyota Motors Corporation (Toyota) yang telah memproduksi dan memasarkan mobil berbahan bakar hidrogen (FCV) Toyota Mirai. Pabrikan yang bermarkas di Iwata, Jepang, itu bahkan telah merampungkan prototipe kendaraan FCV dan siap menguji jalan secara total 18 April nanti.

Namun, seperti dirilis dari pernyataan Yamaha Motor yang dilansir laman Fuel Cell Works, Jumat (5/4/2019), proses pengujian sejatinya sudah dimulai sejak Kamis (4/4/2019). Uji jalan itu dilakukan di jalanan kota, tepatnya di Kota Wajima, Prefektur Ishikawa.

Selain sangat ramah lingkungan – karena tanpa menhasilkan emisi – mobil berbahan bakar hidrogen yang dinamai Yamaha YG-M FC, ini diklaim juga memiliki keunggulan jarak jangkaun yang lebih panjang dibanding mobil listrik.  “Sementara, pengisian bahan bakarnya juga relatif lebih singkat ketimbang mobil listrik,” bunyi keterangan tersebut.

Mobil hidrogen Yamaha yang akan dites jalan mulai 18 April pekan depan – dok.Istimewa

Hanya, Yamaha masih belum membeberkan kinerja dari mobilnya itu. Termasuk jangkauan jelajahnya, maupun mesin yang digunakan.

Informasi teknis di lembar fakta yang disodorkan pabrikan berlambang garputala itu adalah, kapasitas angkut, yakni maksimum empat penumpang termasuk pengemudi. Bahan bakarnya hidrogen yang dikompresi. Sedangkan dimensi panjang 337 centimeter (cm), lebar 134 cm, dan tinggi 171cm, Bobot kosongnya disebut 640 kilogram.

Yamaha menyebut keberadaa mobil itu, merupakan bagian dari visi jangka panjangnya yakni “ART for Human Possibilities”. Visi itu merupakan wujud nyata langkah Yamaha dalam mewujudkan Rencana Lingkungan 2050 dengan target pengurangan 50% emisi dan pengurangan penggunaan bahan fosil hingga 50%.

Konsep mobil Yamaha, YG-M FC diklaim sangat ramah terhadap lingkungan – dok.Istimewa

Setelah menjalani tes jalan secara menyeluruh pada 18 April nanti, prototipe mobil tersebut bakal dikenalkan ke publik. Yamaha akan memboyongnya ke hajatan Automotive Engineering Exposition pada 22 Mei nanti di Yokohama. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This