Astra Melejit, Suzuki dan Mitsubishi Ambruk

Astra Melejit, Suzuki dan Mitsubishi Ambruk
New Toyota Avanza yang dilucurkan 15 Januari 2019, masih menjadi kontributor penjualan terbanyak PT Toyota Astra Motor - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Pangsa pasar Grup Astra melompat menjadi 52,9% pada kuartal I-2019, dibandingkan periode sama tahun lalu 50,6%, seiring kuatnya penjualan Toyota Rush, Daihatsu Terios, serta Avanza dan Xenia facelift.

Adapun dua rival berat Astra, Suzuki dan Mitsubishi ambruk. Pada periode ini, penjualan mobil turun 13% menjadi 292 ribu unit.

Berdasarkan laporan riset Kresna Sekuritas, Selasa (16/4/2019), pangsa pasar Suzuki jeblos ke 9% dari sebelumnya 11,1%. Ini membuktikan Ertiga facelift gagal menarik perhatian pasar.

“Sementara itu, Mitsubishi membukukan penurunan pangsa pasar menjadi 18,6% dari sebelumnya 18,9%. Ini mengonfirmasi teori harga Xpander sudah tidak menarik,” tulis analis Kresna Franky Rivan.

Ilustrasi, Mitsubishi Xpander penjualan disebut mulai mencapai titik jenuh – dok.Motoris

Dia menilai, Avanza facelift juga kurang menarik. Buktinya, penjualan turun 7,8% menjadi 19.700 unit.

Namun, patut dicatat, grafik penjualan Avanza terus meningkat. Bahkan, bulan lalu penjualannya mencapai 8.538 unit. Toyota berkilah produksi Avanza di awal memang tak bisa dipacu lantaran harus berbagi lini produksi dengan Rush-Terios di pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM)..

Franky melanjutkan, pergerakan penjualan Astra lebih ditopang SUV Rush dan Terios yang membukukan pertumbuhan 12% menjadi 20.724 unit. Motoris menilai ini masih layak diperdebatkan. Sebab, Franky tidak menyebut penjualan Xenia dalam laporan risetnya.

Ilustrasi, Suzuki Baleno Sprt- dok.Motoris

Dari rilis yang disebar ADM, penjualan Xenia naik 19% menjadi 9.907 unit. Itu artinya, Avanza-Xenia masih dagangan utama Astra.

Franky memprediksi pangsa pasar Astra di mobil mencapai 52,2% hingga akhir 2019. Di motor jangan ditanya lagi, dominasi mutlak sekitar 77%. (Gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This