Sepanjang Maret, Hino Kuasai Pasar Truk dan Bus

Sepanjang Maret, Hino Kuasai Pasar Truk dan Bus
Truk Hino New Ranger di areal pertambangan - dok.HMSI

Jakarta, Motoris – Meski penjualan ritel Hino sepanjang Januari-Maret kemarin turun 6,6% takni dari 9.024 unit di tahun lalu, kini menjadi 8.432 unit, namun penjualan ritel truk dan bus merek ini selama Maret saja sebanyak 3.038 unit. Penjualan di bulan ketiga ini diklaim sebagai yang terbanyak pada bulan tersebut.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, penjualan truk dan bus Hino selama Maret itu banyak ditopang oleh penjualan medium duty truck yang sebanyak 1.964 unit atau 63%. Tipe Hino New Generation Ranger FM 260 JD menjadi tipe terlaris.

Sebagian lainnya dibukukan oleh Hino New Dutro pada segmen light duty truck yang terjual 1.055 unit. Dan sisanya, dibukukan oleh penjualan heavy duty truck.

Soal keberhasilan ini, Direktur Penjualan dan Promosi PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) Santiko Wardoyo menyebut tak lepas dari strategi dan sistem layanan yang diterapkan perusahaan.

Bus milik PO Harapan Jaya yang menggunakan sasis bus Hino – dok.Motoris

“Dengan mengutamakan Total Support kepada pelanggan setia, dimana bisnis customer menjadi orientasi pertama bagi pelayanan Hino.Prinsip ini meminimalkan biaya kendaraan dan memaksimalkan waktu operasional kendaraan sehingga waktu bekerja kendaraan menjadi optimal,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (17/4/2019).

Data Gaikindo juga menunjukan, di segmen pasar bus, Hino masih menjadi penguasa. Tercatat, sepanjang Januari – Februari kemarin, penjualan bus merek ini sebanyak 350 unit. Jumlah ini setara 57% dari total penjualan bus di Tanah Air (di luar Mercedes-Benz yang tak melaporkan data penjualan), yang sebanyak 614 unit.

Tahun 2018 lalu, Hino berhasil melego 40.072 unit bus dan truk di Tanah Air. Jumlah ini nanjak hingga 34% dibanding tahun 2017 yang sebanyak 30.007 unit. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS