Takut Penjualan Global Remuk, Nissan Pangkas Produksi

Takut Penjualan Global Remuk, Nissan Pangkas Produksi
Ilustrasi Nissan March atau Micra versi facelift 2019 - dok.Autocar New Zealand

Yokohama, Motoris – Nissan Motor Company (Nissan) mulai mengerem langkah agresif yang beberapa tahun lalu digeber bekas CEO-nya Carlos Ghosn. Namun, kini langkah itu direm karena khawatir penjualannya di pasar global ambles.

Seperti dilaporkan Nikkei dan Reuters, Jumat (18/4/2019), pabrikan yang bermarkas di Tokohama, Jepang, itu bakal memangkas 15% volume produksi global – atau di seluruh pabriknya yang tersebar di erbagai belahan dunia – pada tahun fisal 2019/2020 yang berakhir Maret 2020 nanti.

“Pengurangan sebesar ini merupakan yang terbesar dalam 10 tahun terakhir di sejarah perjalanan Nissan,” tulis Nikkei.

Di tahun fiskal ini, jumlah produksi global Nissan dipatok hanya 4,6 juta unit saja. Kabar I I terungkap dari dokumen komunikasi antara Nissan dengan para pemasoknya.

Ilustrasi, Nissan Sunny versi anyar tengah dites di jalan – dok.motor1.com

Disebutkan pula, pemangkasan ini didasari pertimbangan kemungkinan rontoknya penjualan di pasar utama Nissan di luar negeri. Mulai dari Asia, Amerika Serikat, dan lainnya.

Tentu, pengurangan jumlah produksi tersebut bakal berimbas ke pendapatan pabrikan. Sepanjang kuartal pertama tahun ini, Nissan sudah mengerek turun proyeksi laba operasional hingga 22% atau senilai 450 miliar yen atau sekitar US$4 miliar. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This