Jurus Cina Pacu Pasar Mobil Domestik: Ekspor Mobil Bekas

Jurus Cina Pacu Pasar Mobil Domestik: Ekspor Mobil Bekas
Ilustrasi mobil di jalanan sebuah kota di Cina - dok.The Car Connection

Beijing, Motoris – Pemerintah Republik Rakyat Cina, Senin (6/5/2019) secara resmi mengizinkan 10 kota di negara itu untuk mengkespor mobil bekas milik warganya ke berbagai negara. Jurus ini diyakini sebagai salah satu cara untuk mendongkrak penjualan mobil baru di pasar dalam negeri yang cespleng.

Maklum, seperti dilaporkan Xinhua dan Reuters, Rabu (8/5/2019) penjualan mobil baru di Negeri Tirai Bambu itu, tahun lalu jeblok. Penurunan tersebut merupakan yang pertamakali sejak tahun 1990-an.

Sebelumnya, di awal tahun ini, pemerintah sudah memberikan stimulant ke konsumen yakni pemotongan pajak kendaraan. Hal itu dimaksudkan agar masyarakat tertarik membeli mobil baru.

Namun, ternyata tak mempan. Pasalnya, masyarakat masih memiliki mobil lama yang masih layak untuk digunakan.
Lantaran itulah, dalam rangka menopang sektor otomotif, Kementerian Perdagangan negeri berpenduduk terbanyak di dunia ini mengizinkan pemerintah kota-kota di provinsi yang ada untuk mengekspor mobil bekas dari warganya.

Ilustrasi, salah satu mobil produksi Great Wall Motor yang dipamerkan di pameran otomotif Chengdu, Sichuan, beberapa wakru lalu – dok.China Daily

Dari 10 kota itu termasuk diantaranya di Beijing, Shanghai,dan Guangdong. “Kementerian telah mengidentifikasi perusahaan-perusahaan yang dapat menangani ekspor tersebut. Kami juga meminta untuk dilakukannya tes dalam rangka memastikan kualitas dan keamanan ekspor mobil bekas tersebut,” kata salah seorang pejabat Kementerian Perdagangan.

Analis LMC Automotive – sebuah lembaga konsultan pemasaran dan perdagangan yang berbasis di Shanghai – Alan Kang mengatakan, tahun 2018 lalu penjualan mobil bekas di Cina hanya 13,82 juta unit. Jumlah ini jauh di bawah penjualan mobil baru yang sebanyak 28,08 juta unit.

Oleh karena itu, kata dia, perlu ada menstimulasi pasar mobil domestik. “Jika penjualan mobil bekas dipercepat maka akan membantu memperlancar penjualan mobil baru,” kata dia. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This