Empat Bulan Toyota Indonesia Lego 106.690 Mobil

Empat Bulan Toyota Indonesia Lego 106.690 Mobil
Toyota Avanza versi terbaru - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga April kemarin PT Toyota Astra Motor (TAM) membukukan penjualan sebanyak 106.690 unit, dengan pangsa pasar sebesar 32% dari total penjualan mobil seluruh merek yang ada. Varian mobil keluarga serbaguna (MPV) masih menjadi tulang punggung penjualan.

Seperti diungkapkan Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy, di rentang waktu itu, varian MPV mencatatkan penjualan sebanyak 64.985 unit atau 60,9% dari total penjualan Toyota. Varian ini diikuti SUV yang terjual 26.105 unit, hatchback 10.226 unit. Kemudian kendaraan komersial 4.036 unit, serta sedan yang laku 991 unit.

“Penjualan di empat bulan ini menunjukan bahwa MPV masih diminati masyarakat. Karena secara kultur, masyarakat kita memang menyukai kebersamaan, termasuk dalam bepergian, melakukan kegiatan bersama teman, kerabat, atau keluarga. Sehingga, MPV menjadi kendaraan favorit, tren seperti ini masih terus terjadi,” papar Anton saat ditemui di sela berbuka puasa bersama, di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Innova, MPV medium Toyota yang didandani dengan karakter sporty- dok.Motoris

Dia mengkaui, penjualan kumulatif sepanjang empat bulan pertama itu turun 6,3% dibanding periode sama tahun lalu yang sebanyak 113.854 unit. Tapi, lanjut dia, pangsa pasar (market share) justeru naik dari tahun lalu yang sebesar 28,9% menjadi 32%.

“Dan peningkatan market share ini menunjukkan bahwa kinerja Toyota jauh di atas rata-rata industri (total penjualan seluruh merek di pasar Indonesia),” ucap Anton.

Avanza, Innova, dan Rush
Data yang dihimpun TAM menunjukan, penjualan model MPV dibukukan oleh Toyota Avanza-Veloz dan Innova. Dalam kurun waktu empat bulan pertama itu, MPV berjuluk “Mobil Sejuta Umat” itu terjual 28.910 unit.

Market share Avanza ini naik dari Januari-April 2018 yang sebesar 27,8% menjadi 33%,” kata Anton.
Sementara, Innova di saat yang sama terjual 19.236 unit. Pangsa pasar yang berhasil digenggam pun semakin melambung, yakni dari 87,3% di Januari-April tahun lalu, menjadi 98,6% di tahun ini.

Toyota All New Rush – dok.Istimewa

Adapun di segmen SUV, Toyota Rush menjadi model terlaris. Low SUV Toyota ini terjual 20.010 unit atau naik sekitar 35% dibanding periode sama tahun lalu. “Market share Rush tahun ini (Januari-April) sebesar 61,8%. Ini naik tajam, dibanding tahun lalu yang sebesar 40,6% di segmen pasar low SUV,” terang Anton. (Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This