Gandeng Pabrikan Cina-Australia, Ducati Bikin Skuter Listrik

Gandeng Pabrikan Cina-Australia, Ducati Bikin Skuter Listrik
Skuter listrik Vmoto CUx yang bakal menjadi basis skuter lstrik Ducati- dok.Electrive.com

Perth, Motoris – Pabrikan sepeda motor kondang asal Balogna, Italia, Ducati menggandeng Vmoto – pabrikan sepeda motor kongsi antara perusahaan asal Cina dengan Australia yang berkantor di Perth, Australia – untuk membuat skuter listrik segmen atas. Meski menggunakan basis skuter Vmoto yang telah ada – Vmoto CUx – namun skuter lstrik anyar itu nantinya menyandang nama Ducati.

Seperti dilaporkan laman The Driven dan Electrive, belum lama ini, memang banyak orang yang terheran dengan langkah Ducati ini. Maklum, merek Ducati identik dengan motor sport garang bermesin gede dengan teknologi konvensional.

Namun, Ducati telah memberi sinyal pihaknya tak melulu memproduksi motor dengan karakter seperti itu. Pabrikan ini ingin “meniti buih” mengikuti arus tren yang terjadi saat ini, yakni era kendaraan listrik.

Pada Januari lalu misalnya, Chief Executive Officer Ducati Claudio Domenicali sudah menegaskan, bahwa pihaknya tengah berancang-ancang membuat sepeda motor bersumber tenaga dari arus setrum. Hanya, dia tak merinci jenis atau model motor berssumber tenaga setrum yang akan dibuatnya itu.

Tampilan cockpit skuter listrik Vmoto CUx yang akan menjadi basis skuter listrik Ducati – dok.Motorcycle Diaries

Namun, perkembangan terjadi dengan depat setelah Vmoto memamerkan dua produk anyar – skuter listrik Super Soco CUX dan sepeda motor listrik TC-Max – di hajatan Milan Motorcycle Show (EICMA 2018) di Milan, Italia, November 2018. Kabar Ducati tengah menjalin kerjasama dengan Vmoto pun menyeruak beberapa saat kemudian.

Maklum, Vmoto selama ini telah berhasil memiliki jaringan kuat di wilayah Eropa. Bahkan, telah melayani penjualan sepeda motor listrik ke perusahaan-perusahaan di Eropa dengan skema Business to Business.

Diantara produk Vmoto adalah sepeda listrik merek Super Soco dan skuter listrik CUx. Keduanya diproduksi di Nanjing, Cina.

Vmoto CUx mengusung motor listrik besutan Bosch berkapasitas 2,8 kW dengan baterai 1,8 kWh. Skuter ini mampu melaju hingga kecepatan 45 kilometer per jam (Kpj) dengan jarak tempuh hingga 75 km.

Ilustrasi, skuter listrik yang akan dikembangkan Ducati – dok.WebBikeWorld

Sedangkan jika nanti digunakan sebagai basis skuter listrik Ducati, tenaga hingga jangkauan jarak yang bisa dicapai akan ditingkat. Hanya, hingga kini belum ada keterangan resmi berapa harga skuter listrik Ducati itu. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This