Belanja Iklan Selama IIMS Rp 49,14 M, Nissan yang Terbesar

Belanja Iklan Selama IIMS Rp 49,14 M, Nissan yang Terbesar
Ilustrasi, PT Nissan Motor Indonesia meluncurkan low MPV Nissan Livina,- dok. NMI

Jakarta, Motoris – Sepanjang penyelenggaraan Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019  di rentang waktu 25 April – 5 Mei lalu, belanja iklan peserta pameran di stasiun televisi sebesar Rp 49,14 miliar atau melorot 37,30% dibanding selama IIMS tahun lalu yang senilai Rp 78,70 miliar. PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menjadi pembelanja iklan teresar untuk mengiklankan All New Nissan Livina.

Besaran belanja itu terekam dalam data yang dihimpun Adstensity, Selasa (14/5/2019). “Belanja iklan ini untuk rekaman iklan di 13 stasiun televisi nasional selama periode penyelenggaraan IIMS 2019,” bunyi keterangan Adstensity.

Disebutkan, dari  total nilai belanja iklan tersebut, Rp26,38 miliar merupakan belanja iklan  mobil. Sisanya belanja iklan produk sepeda motor.Di kategori mobil ini, Nissan tercatat menggelontorkan Rp12,44 miliar untuk mempromosikan model terbarunya, All Nissan Livina.

Sementara, Mitsubishi Motor Indonesia merogoh kocek Rp4,59 miliar untuk beriklan. Sedangkan PT SGMW Indonesia atau Wuling Motors Indonesia membelanjakan duit Rp3,76 miliar untuk beriklan selama hajatan tahunan itu berlangsung.

Mitsubishi Xpander menjadi bintang di booth Mitsubishi Motors Indonesia di ajang IIMS 2019 – dok.Motoris

Adapun PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang mengucurkan dana Rp 2,48 miliar untuk beriklan. Dengan nlai sebesar itu, Suzuki menempati urutan keempat.

Urutan kelima ditempati Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI). Anak perusahaan grup Astra ini membelanjakan duit senilai Rp2,31 miliar untuk beriklan di periode tersebut.

Belanja Yamaha

Di kategori produk sepeda motor, Yamaha merupakan merek yang paling banyak menggelontorkan anggaran untuk beriklan. Ada dua produk yang diiklankan Yamaha di kurun waktu 25 April – 5 Mei lalu. Pertama Yamaha NMax 155 yang mebelan anggaran Rp 7,16 miliar untuk 175 kali penayangan.

Nilai tersebut sekaligus menjadi yang terbesar kedua di belanja iklan otomotif selama periode tersebut.Kedua, model skutik Yamaha Lexi yang memakan biaya belanja iklan senilai Rp 5,76 miliar. Angka ini sekaligus menjadi yang terbesar ketiga di daftar belanja iklan otomotif secara keseluruhan (mobil dan motor) di kurun waktu 25 April – 5 Mei.

Yamaha NMAX, – dok.istimewa

Bahkan, jika ditotal, anggaran belanja iklan Yamaha untuk dua model tersebut merupakan belanja terbesar (Rp 12,92 miliar). Bahkan mengalahkan Nissan yang mengiklankan All New Livina.

Masih di produk sepeda motor selama periode IIMS berlangsung, belanja iklan PT Astra Honda Motor (Honda) senilai Rp4,55 miliar. Sedangkan PT Suzuki Indomobil Sales (Suzuki) Rp 4,18 miliar.

Adstensity mencatat, sepanjang gelaran IIMS 2019 jumlah tayangan iklan otomotif stasiun televisi sebanyak 1.574 kali. Jumlah ini susut 41,66% dibanding tayangan iklan produk yang sama di IIMS 2018 lalu yang sebanyak  2.698 kali. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This